Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Sebelum anda membeli mobil (kendaraan roda empat) yang bekas atau second ada baiknya di bawah ini tips atau cara terbaik agar kita tak “tertipu” sebelum melakukan transaksi pembelian mobil bekas atau second.

I.BODI MOBIL   : Cek Bagian Luar Mobil Dulu !

1.Lihatlah bagaimana cat mobil masih orisinil atau tidak catnya.Cat tak keropos atau kusam/buram warnanya, dan harus dipoles lagi.

2. Bodi mobil masih “kaleng” atau tidak. Ketuk pelan-pelan, seperti bunyi “kaleng” dan tak banyak cat “dempulan”.Bodi mobil tak “keropos”.

3. Bodi mobil masih “lurus” atau tidak.Posisi ban belakang dan ban depan harus sama, hati-hati mobil bekas “tabrakan”.

4. Lihat juga “lis-lis” mobil , masih lurus atau tidak, masih orisinil asli atau tidak.Lihat juga kaca mobil (pecah atau tidak), kaca mobil jangan sampai baret atau berjamur.Periksa juga kondisi lampu depan dan lampu belakang, apa pecah, retak atau tidak.

5. Masih bagian luar mobil, cek pintu-pintu mobil, ayunannya masih rapat dan bagus enggak ? Ditutup, langsung rapat.Pintu mobil ini penting dicek.

6. Cek BAN MOBIL  masih kembang atau sudah botak ?Merek ban, ukuran ban, pakai velg racing atau tidak periksa juga ban cadangan….Produksi ban tahun berapa ?

Khusus ban akan sangat berguna untuk mendapatkan kestabilan handling (?) pada saat melaju dengan kecepatan tinggi. Periksa juga tierod (?), roda, dan pastikan baut roda sudah kencang.Bisa sporing n balancing.

7. Periksa wiper (untuk hujan) dan volume airnya. Lihat kondisi karet-karet wiper ya.

 

II. MESIN MOBIL-MESIN MOBIL KERING-MESIN MOBIL LANGSAM-TAK ADA BOCOR PAKING MOBIL

1.Kondisi mesin mobil waktu dinyalakan enggak usah “digas” mesin langsung hidup (tokcher).Mesin masih langsam.Mesin mobil yang”stasioner”bagus, enggak usah digas, mesin tetap hidup dan langsam .

Pada saat mesin hidup, cek knalpot, keluar asap hitam (ngebul) enggak ?Kalau mesin bagus, pada pagihari knalpot akan basah keluar embun.Colek knalpot, banyak warna hitam enggak ?Mau lihat mesin mobil “ngebul” atau tidak.Bila knalpot mesin sudah “ngebul” warna hitam, berarti silinder, priston, seher, sudah rusak parah, bisa turun setengah mesin.Cara ngeceknya gas kencangkan 3000 sampai 5000 rpm, kalau tak ada asap putih atau hitam, mesin mobil masih aman.

2.Suara mesin “kering” dan”halus”, perhatikan ada “bunyi-bunyi” keras di mesin.

3.Cek type mesin mobil sudah “injection” atau masih “manual/karburator“.Kalau masih karburator bisa ditambah platina untuk pengapian.

4.Buka tutup oli mesin, berasap atau tidak ketika mesin mobil dihidupkan.Kalau berasap, mobil jangan dibeli.Buka pengukur oli, keluar asap tidak ??.

5. Lihat “tulang-tulang” di mesin dan kap mobil masih lurus, tak keropos,tak bengkok, takut bekas tabrakan.Lihat juga tulang-tulang di bawah mobil, lurus atau tidak keropos.Chasis mesin keropos atau tidak, bekas las atau tidak ya ?

6.Lihat radiator mesin.Mesin mobil tiba-tiba mati karena terlalu panas (overhead).Sebab sering temperatur panas atau naik, mesin bisa JEBOL, dan bisa pula turun mesin.Bahaya !!

7. Kalau jenis mobil injection harus rajin-rajin bersihkan filter udara, filter bensin, dan filter oli (perhatikan, ada tiga filter dalam mesin mobil).

8. Cara mengecek “air” sudah masuk ke blog mesin atau tidak.Buka tutup oli, ada warna “putih” tidak ?Kalau ada warna/noda “putih” air radiator sudah masuk ke blog mesin.Mobil jangan dibeli.Air radiator normal diisi seminggu sekali.

9. Mesin mobil bila bensinnya “boros” (walau di bawah 1600 CC), penyebabnya overseas mesin sudah diperbesar, sehingga bensin mobil jadi boros.

10.USAI BELI MOBIL BEKAS ATAU SECOND , langsung di tune-up dengan ganti oli mobil, ganti busi, cek kabel busi, ganti saringan udara, saringan bensin, servis karburator, stel ulang klep, cek timing belt (penting bro !!), stel ulang pengapian, servise kabel deco,tali kipas, ke tulang servise radiator.

11.USAI BELI MOBIL BEKAS ATAU SECOND, periksa ke tulang servise radiator.Cek kondisi radiator.Cek ketinggian permukaan  air radiator. Air radiator itu jika kurang segera diisi.Keluarkan air radiator bila sudah KERUH , lalu dibersihkan.Cek selang-selang penghubung radiator, segera ganti kalau selang sudah mengeras, atau menggelembung.HINDARI TEMPERATUR MESIN MENINGKAT TAJAM ATAU ENGINE OVERHEATING, mesin bisa jebol dan turun mesin!!

12.USAI BELI MOBIL BEKAS, boleh cek ulang berbagai jenis OLI, yaitu oli mesin, oli rem, oli kopling, oli power stering, oli gardan, oli persneling.Cek filter oli, filter bensin, dan filter udara.

12.Sebelum pulang beli mobil apakah ada dongkrak mobil, kunci roda, kunci pas obeng…sekedar bonus aja.

11.Bisa cek ulang ke montir khusus mesin mobil , kaki-kaki, radiator, dan montir listrik

III. KELISTRIKAN

1.Kondisi kabel-kabel listrik harus terbungkus rapi.Cek lampu depan, lampu belakang, lampu rem, lampu send, lampu jauh, lampu dalam mobil, lampu dalam bagasi mobil masih nyala enggak ? Lampu terang atau tidak, atau redup.Kalau mau pakai lampu HALOGEN atau HD harus pakai relay di AKI, karena kalau tak pakai relay AKI bisa tekor.Namun, lampu terlalu terang, bisa dimaki-maki orang.

2. Cek kondisi listrik untuk AUDIO/Tape Recorder/CD/TV/Speaker

3. Air Condition (AC) harus nyala dan dingin, alasan hanya isi freon, itu AC rusak.Cek AC mobil, bila tak dingin atau rusak.Cek radiator mampet, water pump bocor, elektrik fun mati/lama putar.

4.Listrik cek dinamo  stater, altenator, periksa KONDISI AKI (aki cair atau aki biasa).

5. Kalau

IV.INTERIOR/ASESORIS  MOBIL (DALAM MOBIL)

1. Interior mobil masih asli atau tidak. Bangku-bangku/jok mobil masih orisinil atau tidak, kulit atau beludru.

2. Sudah power staring,power window, central lock,spion mekanis, kaca film, LCD monitor

3. Lihat dashboard mobil (mewah atau sedan), cek spedometer nyala atau tidak (test saat mesin hidup), spedometer sudah sampai kilometer berapa (eks taksi 250.000 kilometer sampai 500.000 kilometer).Pastikan semua kelistrikan dalam dashboar mobil menyala dengan baik termasuk lampu indikator oli, mesin, dan aki, masih menyala.Juga lampu dalam mobil masih nyala.

4. Stir mobil orisinil atau tidak, enak enggak, atau berat

IV.BAGIAN BAWAH MOBIL :  KAKI-KAKI (SUSPENSI) MOBIL- REM MOBIL -REM KAKI-REM TANGAN

1. Kaki-kaki sehat atau tidak ?Kaki-kaki breket pada jalan jalan bergelombang atau rusak, bunyi atau berisik enggak ?

2.Cek shockbreaker bagian depan dan belakang mobil sudah “mati” atau masih bisa “diayun”

3. Bocor atau tidak per-per mobil

4. Cek rem mobil, rem tangan, cek kanvas rem, cek cakram rem

5.Gardan mobil, bunyi atau tidak ?

6. Kopling mobil empuk, ringan, mantap atau tidak (mobil manual)

7.Lihat kolong mobil ada kebocoran oli tidak (pakai senter bro), sekalian lihat bagian bawah mobil ada KROPOS atau tidak. (Pulo Lasman Simanjuntak)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan