Tanamkan Budaya Keselamatan Berkendara dan Ramah Lingkungan, Jasa Marga Gelar Roadster Eco Driving 2020

Jakarta,BeritaRayaOnline,-PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menggelar Roadster Eco Driving, 9–11 Maret 2020.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud konkret Jasa Marga untuk menyebarluaskan budaya keselamatan berkendara yang selaras dengan perilaku ramah lingkungan serta gerakan hemat sumber energi.

Jasa Marga Roadster Eco Driving berlangsung pada 9–11 Maret 2020 yang terbagi dalam dua kegiatan yaitu Pre-Event selama dua hari (09-10/03) dan Main Event yang berlangsung hari ini (11/03).

Pre Event di hari pertama diisi dengan
sesi teori tentang prinsip-prinsip berkendara Eco Driving yang bertempat di JMLI Classroom.

Berlanjut ke hari kedua, berlangsung sesi praktik di Lapangan Parkir Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII. Kedua acara tersebut dihadiri oleh 40 peserta dari komunitas otomotif.

Pada acara Main Event Rabu (11/03) yang merupakan puncak acara Eco Driving berlokasi di Lapangan Parkir Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII.

Acara ini diisi dengan Talkshow Electric Car Exhibition ,Eco Driving Challenge, dan penampilan Youtuber di bidang otomotif yaitu Ridwan Hanif. Acara tersebut dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari berbagai komunitas.

Para narasumber dalam Talkshow sendiri adalah Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto, Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Singgamata, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat BPJT Kementerian PUPR Ranto P. Rajagukguk, _Road Safety Consultant Team Leader Eko Reksodipuro, Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk Adrian Priohutomo dan Direktur Utama PT Jasa Marga Toll Road Operator Raddy R. Lukman.

Menurut Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto, Eco Driving menjadi salah satu upaya dalam menghadapi permasalahan di bidang transportasi, salah satunya adalah polusi udara yang terjadi di kota-kota besar.

“Selain itu, Eco Driving juga merupakan upaya untuk meningkatkan keselamatan dalam berlalu lintas” ujar Pandu.

Pandu juga berharap dengan adanya acara Eco Driving ini, peserta yang mengikuti dapat menularkan pengetahuan.

“Saya berpesan agar para peserta diharapkan dapat menularkan informasi yang didapat di acara ini kepada orang-orang terdekat, lingkungan terdekat, bahkan komunitas terdekat. Sehingga harapan pemerintah untuk mewujudkan lingkungan yang ramah dan lalu lintas yang selamat, aman, dan tertib dapat terwujud,”tambahnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Adrian Priohutomo menjelaskan bahwa keselamatan pengendara menjadi perhatian Jasa Marga.

Saat ini Jasa Marga telah mengembangkan 1162 km jalan tol yang sudah dioperasikan dan kelak akan menjadi 1527 km yang akan dioperasikan oleh Jasa Marga. Sehingga Jasa Marga patut concern terhadap bagaimana safety driving  ini dilakukan.

“Gaya berkendara dengan metode Eco Driving tidak hanya mengenai ramah lingkungan tetapi juga tentang bagaimana berkendara dengan selamat dan nyaman di jalan. Eco Driving_mengkombinasikan teknik mengemudi Safety Driving dengan Defensive Driving yang pada akhirnya dapat tercipta teknik mengemudi yang hemat waktu, biaya, aman serta ramah lingkungan”, ungkapnya.

Roadster Eco Driving menjadi bagian dalam rangkaian HUT Jasa Marga ke-42 yang jatuh pada tanggal 1 Maret.

Tema HUT Jasa Marga ke-42 ialah “ Safety Driving on The Green Toll Road ”. Sejumlah acara lainnya yang juga menjadi bagian dalam rangkaian HUT Jasa Marga ke-42 adalah Penanaman 42 ribu pohon (1 Maret 2020), Roadster Rescue Competition (3 Maret 2020), dan puncaknya Roadster Green Festival (13 Maret 2020).(**/Press Release Jasa Marga)

Editor : Lasman Simanjuntak

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan