Spread the love

bolaLiverpool , BeritaRayaOnline,-Liverpool melaju ke final Liga Europa setelah menaklukkan Villarreal 3-0 dalam semifinal kedua di Stadion Anfield, Kamis (5/5/2016) atau Jumat dini hari WIB. Setelah kalah 0-1 di kandang Villarreal pekan lalu, The Reds membalas dengan telak di depan pendukung mereka melalui gol-gol yang diciptakan Bruno Soriano (bunuh diri) pada menit ketujuh, Daniel Sturridge (63), serta Adam Lallana (81).

Dengan kemenangan ini, Liverpool berhak tampil di final dengan kemenangan agregat 3-1. Di final pada 18 Mei nanti pasukan Juergen Klopp akan ditantang Sevilla. Klub Spanyol itu meraih tiket untuk bermain di laga pamungkas setelah menang 3-1 di kandang mereka sendiri. Mereka menang agregat 5-3.

Liverpool tentunya mendapat tantangan tersendiri dalam partai final di Stadion St Jakob Park, Basel nanti. Pasalnya mereka akan menghadapi tim yang tengah berupaya menjadi juara Liga Europa untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Ini akan menjadi laga final pertama bagi Liverpool di kejuaraan level Eropa setelah kegemilangan mereka di Liga Champions musim 2004/05 lalu. Mereka berpeluang kembali menyabet gelar bergengsi di Eropa setelah 11 tahun.

Liverpool membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan tujuh menit melalui gol bunuh diri yang dilakukan gelandang Bruno Soriano. Gol berawal dari Nathaniel Clyn yang mengirimkan umpan dari sisi kanan dan melintas di depan gol kemudian disambut Roberto Firmino.

Penyerang asal Brasil ini kemudian mencoba mengembalikan bola ke depan gawang. Namun Bruno Soriano mengubah arah bola ke gawang sendiri. Liverpool pun diuntungkan karena mampu mencetak di pada menit-menit awal pertandingan.

Tuan rumah terus berupaya mencetak gol tambahan karena keunggulan 1-0 belum cukup mengantar mereka ke final. Gol kedua yang ditunggu-tunggu publik Anfield akhirnya terjadi pada menit ke-63 melalui aksi Daniel Sturridge.

Mantan striker Chelsea ini mendapat umpan matang dari Firmino dan kemudian dengan tenang menyelesaikan peluang dari jarak dekat. Sturridge kembali membuktikan jika dirinya sangat layak dipercaya menjadi andalan di lini depan Liverpool.

Villarreal harus bermain dengan 10 orang setelah pada menit ke-71, Vuctor Ruiz mendapat kartu kuning kedua karena mengganjal Adam Lallana.

Tim tamu kian kesulitan mengejar ketika Liverpool mencetak gol ketiga malam itu, hanya sembilan menit sebelum waktu normal usai. Firmino kembali berperan dalam gol ini.

Eks pemain Hoffenheim ini membawa bola dari sisi kiri lalu mengirim umpan ke depan gawang saat bola hampir keluar lapangan. Sturridge menyambut bola meski tendangannya hanya lemah mengarah ke mulut gawang.

Adam Lallana kemudian menyempurnakan peluang ini dengan menendang bola sambil membelakangi gawang. Kiper Alphonse Areola tak mampu mencegah bola melesak ke gawangnya. Skor 3-0 bertahan hingga laga usai dan Liverpool melaju ke final.

Susunan pemain:

Liverpool: 22. Simon Mignolet; 2. Nathaniel Clyne, 6. Dejan Lovren, 4. Kolo Toure, 18. Alberto Moreno, 20. Adam Lallana; 23. Emre Can; 7. James Milner, 10. Philippe Coutinho (24. Joe Allen 81); 1. Roberto Firmino (9. Christian Benteke 88), 15. Daniel Sturridge (21. Lucas).

Villarreal: 13. Alphonse Areola; 2. Mario, 5. Mateo Musacchio, 6. Victor Ruiz, 11. Jaume Costa; 8. Jonathan dos Santos (23. Daniele Bonera 72), 4. Tomas Pina (14. Manu Trigueros 59), 21. Bruno Soriano, 18. Denis Suarez; 9. Roberto Soldado (20. Adrian Lopez 68), 17. Cedric Bakambu.(**/berita/foto/beritasatu.com/eykel lasflores)

Editor : Pulo Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan