Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Dalam rangka merayakan Hari Bakti PU ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan acara Silaturahmi Senior dengan tema “Membangun Insan PUPR Masa Depan” di Auditorium Kampus PUPR, Jumat (2/12/2022).

Acara ini dihadiri oleh para senior mantan Menteri PU dan Menteri PR, para senior mantan Pejabat Tinggi di lingkungan Kementerian PUPR, para generasi muda PUPR, serta para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian PUPR.

Menteri Basuki mengatakan melalui acara silaturahmi ini, ia ingin memperlihatkan kepada generasi muda PUPR bahwa meskipun para senior ini sudah purna tugas, mereka tetap orang PU.

“Orang PU bukan hanya orang yang bekerja di PU, tetapi orang yang memegang teguh nilai dan budaya kerja di Kementerian PUPR yakni mission-oriented, teamwork, dan profesional,” kata Menteri Basuki.

Menurut Menteri Basuki, pandemi COVID-19 mengajarkan bagaimana pentingnya teamwork dalam bekerja. Indonesia menjadi negara yang dinilai berhasil menangani pandemi COVID-19 dan dampaknya karena semangat gotong royong antar semua elemen masyarakat.

“Pandemi mengajarkan kita bahwa kerja sama, kekompakan, dan solidaritas is a must. Tidak ada pekerjaan yang bisa diklaim hasil kerja satu direktorat jenderal saja, semuanya adalah teamwork,” katanya.

Menteri Basuki juga mengungkapkan bahwa hari ini Kementerian PUPR berhasil meraih 3 rekor MURI, yaitu Kantor Kementerian dengan Koleksi Jenis Vegetasi Terbanyak, Kantor Kementerian dengan Penerapan Teknologi Bangunan dan Sculpture Terbanyak, serta Pembangunan Hunian Tetap Pasca Bencana Tercepat (1.951 unit dalam 135 hari).

“Sekarang kita sedang mempercepat pembangunan rumah yang terdampak gempa Cianjur. Ada sekitar 27 ribu rumah rusak berat yang akan kita relokasi ke 3 lokasi,” ungkapnya.

Selain itu, sejak Agustus 2022 lalu Kementerian PUPR juga sudah memulai pembangunan tahap awal di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk infrastruktur dasar yang ditargetkan selesai pada tahun 2024. Menteri Basuki berharap Kementerian PUPR dapat melaksanakan amanah-amanah tersebut dengan baik hingga tuntas.

“Kami mohon arahan dan kritik dari para senior agar kami dapat bekerja lebih baik dan tidak mengecewakan keluarga besar PUPR, ” tutupnya. (*)

Editor  : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan