Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Dalam rangka menyukseskan pemecahan rekor dunia atau Guinness World of Records (GWR) Angklung yang akan digelar pada 5 Agustus 2023 mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut berpartisipasi dengan menyelenggarakan Pelatihan Mandiri GWR Angklung di Gedung Serbaguna Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR, Senin (22/5/2023).

Pelatihan mandiri tersebut diikuti sekitar 174 orang peserta yang terdiri dari para Generasi Muda (Genmud) dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian PUPR serta dipandu oleh para pelatih khusus yang didatangkan dari Saung Angklung Udjo, Bandung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang turut hadir menyaksikan pelatihan mandiri tersebut berpesan kepada para peserta supaya jangan takut berimprovisasi.

“Progressnya luar biasa, ini pelatihan pertama saja sudah bagus, nanti selanjutnya diatur supaya lagu-lagunya lebih bagus. Mudah-mudahan pada pelatihan kedua dan seterusnya dapat lebih bagus improvisasinya,” kata Menteri Basuki.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana mengatakan, pelatihan mandiri yang pertama kali digelar bagi internal Kementerian PUPR ini bertujuan untuk mengulas dan mengevaluasi pelatihan gabungan sebelumnya yang diselenggarakan bersama dengan Kementerian PAN-RB dan Kementerian Investasi/ BKPM.

“Kami berharap kegiatan pelatihan mandiri ini akan mendapatkan banyak manfaat, salah satunya adalah sarana meningkatkan hubungan silaturahmi, kerja sama, budaya, dan etos kerja antar peserta,” kata Dadang Rukmana.

Kegiatan Pemecahan Rekor Dunia Angklung 2023 diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju yang merupakan perhimpunan istri-istri anggota kabinet Indonesia Maju dan merupakan salah satu upaya dalam mendukung pelestarian budaya bangsa. Terlebih, angklung telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010 lalu.

Terakhir, Dadang Rukmana berpesan kepada seluruh peserta supaya konsisten memainkan angklung bernada sama hingga akhir pelatihan, sehingga harmonisasi nada lebih sempurna.

”Kami berpesan kepada seluruh peserta agar serius dan berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian acara sampai hari H pelaksanaan di tanggal 5 Agustus 2023 nanti. Sehingga Kementerian PUPR dapat memberikan kontribusi paling maksimal dan sempurna,” pesan Dadang Rukmana.

Turut hadir pula dalam pelatihan mandiri tersebut, Penasihat DWP Kementerian PUPR Kartika Basuki Hadimuljono, serta Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Airlangga Mardjono. (*)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan