Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Muhammad Zainal Fatah mengatakan alokasi APBN tahun 2022 untuk Kementerian PUPR  mencapai Rp 100,6 triliun.

“Dengan fokus pembangunan masih untuk pemulihan ekonomi nasional dan mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur yang sudah dibangun,” jelas  Sekjen Kementerian PUPR Muhammad Zainal Fatah dalam acara Media Gathering Forum Wartawan PUPR (Forwapu) bersama Biro Komunikasi Publik (Birkom) Kementerian PUPR bertema “Penyebar Luasan Informasi Pembangunan Infrastruktur KemenPUPR”, di sebuah hotel di kawasan Bogor Selatan, Jawa Barat,  Rabu siang (23/3/22).

Dijelaskannya lagi, program pembangunan infrastruktur  tahun 2022-2024, bertujuan agar pada tahun 2024 semua pembangunan infrastruktur yng sudah dikerjakan, harus sudah selesai dikerjakan.

Dan, agar tidak meninggalkan isu adanya pembangunan yang mangkrak (setelah Presiden Jokowi habis masa jabatannya-red)).

“Untuk itu, pada 2022 ini Kementerian PUPR melakukan pendekatan OPOR. Yakni Operasi, Pemliiharaan Optimalisasi dan Rehabilitasi, dalam menyusun program pembangunan infrastruktur,” ujar Sekjen Kementerian PUPR Muhammad Zainal Fatah.
Menurutnya, operasi ditujukan untuk infrastruktur yang telah tuntas, dan harus segera dioperasikan.

“Setelah lulus dari tahapan uji coba yang diperlukan. Pemeliharaan, bertujuan menjamin keberlangsungan fungsi dari infrastruktur agar tetap beroperasi. Sehingga kualitas layanannya tidak terganggu,” katanya.

Optimalisasi, yakni semua pembangunan Infrastruktur yang sudah selesai harus dievaluasi, diinventarisasi dan segera dimanfaatkan.

Misalnya, rumah susun yang sudah jadi, tapi belum dihuni harus segera dihuni.

Rehabilitasi, ditujukan untuk infrastruktur yng telah mencapai umur kontruksi tertentu, atau infrastruktur terdampak bencana, agar fungsinya dikembalikan seperti semula.

Pada 2022 Kementerian PUPR juga menjalankan tugas tambahan strategis dari Presiden Joko Widodo.

Yakni percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur guna mendukun penyelenggaraan KTT G-20 di Bali pada Oktober 2022.

Juga ASEAN Summit di Labuan Bajo pada 2023, MOTOGP di Mandalika yang telah digelar pada Minggu lalu.

“Selain itu renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII),” pungkasnya.

Media Gathering Forwapu

Selain  Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, para pejabat eselon satu, dua dan tiga di lingkungan Kementerian PUPR, acara Media Gathering Forum Wartawan (Forwapu) yang berlangsung di sebuah hotel bilangan Bogor Selatan Rabu (23/3/2022) sampai Kamis (24/3/202).

Juga dihadiri rekan-rekan Birkom Publik Kementerian PUPR  serta sekitar 32 wartawan dan wartawati baik dari media cetak, online, radio, dan televisi.

Acara yang MC adalah Lasman Simanjuntak (beritarayaonline.co.id) ini dimulai (dibuka)  dengan lagu “Indonesia Raya” dan doa buka oleh H.Kusman.(Menara 62.com)

Kemudian laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi Publik (Birkom) Kementerian PUPR Pantja Dharma Oetojo.Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Forum Wartawan PUPR (Forwapu ) Diah Dayanti (Radio Republik Indonesia/RRI).

Arahan sekaligus pembukaan acara Media Gathering dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Muhammad Zaenal Fatah.

Kemudian memasuki diskusi bidang Bina Marga dengan materi atau judul “Kebijakan dan Program Prioritas Pembangunan Infrastruktur PUPR Bidang Bina Marga” yang mewakili Dirjen Bina Marga adalah Faturochman , Koordinator Monev Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan.

Bidang Perumahan dengan materi atau judul pembahasan “Kebijakan dan Program Prioritas Pembangunan Infrastruktur PUPR Bidang Perumahan” mewakili Dirjen Perumahan oleh  Niken Nawang Sasi ,Koordinator Pemantauan dan Evaluasi Direktorat Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan dengan moderator Suharto (bisnistoday.com)

Selanjutnya diskusi Kebijakan dan Program Prioritas Pembangunan Infrastruktur PUPR Bidang Cipta Karya mewakili Dirjen Cipta Karya adalah Dr.Taufan Madiasworo, ST,MT ,Kasubdit Keterpaduan Penyelenggaraan Infratruktur Permukiman, Ditjen Cipta Karya yang disampaikan melalui layar zoom.

Dan, terakhir Kebijakan dan Program Prioritas Pembangunan Infrastruktur PUPR Bidang Sumber Daya Air (SDA) mewakili Dirjen SDA adalah Birenjana ,Direktur Sistem dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Ai juga disampaikan melalui layar zoom dengan moderator Sigit Nugroho (Fin.co.id) (*/BRO-1)

Editor  : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan