Spread the love

Sepaku, BeritaRayaonline,-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut kehadiran 95 orang investor dari Singapura di area proyek pembangunan IKN yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Singapore Business Visit to IKN Nusantara, Rabu (31/05) di Kalimantan Timur.

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama antara Kementerian Investasi/ BKPM dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura. Juga sebagai tindak lanjut atas ketertarikan dari para investor Singapura untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN Nusantara.

Sebelumnya, dalam kegiatan Leaders’ Retreat di Singapura pada Maret 2023 lalu, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa terdapat 20-an perusahaan swasta Singapura yang menyampaikan surat ketertarikan atau Letter of Intent (LoI) untuk berinvestasi di IKN Nusantara.

Di hadapan para investor Singapura, Menteri Basuki menegaskan bahwa pembangunan IKN Nusantara telah dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Dan IKN Nusantara bukan lagi mimpi, tetapi telah mulai untuk diwujudkan secara nyata.

“Penyediaan infrastruktur dasar akan menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR sampai pada Tahap I di 2024 dan selanjutnya akan terus bertahap. Karena pembangunan IKN bukan artist drawing tetapi engineering drawing yang akan diimplementasikan,” jelas Menteri Basuki.

Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan IKN Danis H. Sumadilaga juga menambahkan, pada Tahap I Pemerintah Indonesia mengembangkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di zona 1A.

“Seeing is believing, pada site visit nanti kita akan melihat langsung proses konstruksi di zona 1A. Saat ini progres fisik pembangunannya telah mencapai 29,45%,” terang Danis.

Terakhir, Menteri Basuki berharap dengan kunjungan ini para investor Singapura tidak ragu mengambil keputusan karena akan berdampak positif bagi kerja sama kedua negara kedepannya, khususnya dalam rencana investasi pengembangan IKN Nusantara.

“Kami harap kunjungan ini akan berkesan bagi Singapura dan yang paling penting jangan hanya sekedar tertarik, tapi mulai mengambil keputusan untuk berinvestasi di IKN Nusantara. Karena telah banyak MOU dan LoI yang masuk, dan sekarang waktu yang tepat untuk eksekusi,” tutup Menteri Basuki.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo, Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng, Deputi Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi Yuliot, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan