Spread the love

Labuan Bajo, BeritaRayaOnline,- Memasuki hari kedua penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut kedatangan Sultan yang Di-Pertuan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo pada pukul 07.45 WITA dan akan mengantar kepulangan Sultan Hassanal Bolkiah pada hari berikutnya, Kamis siang, 11 Mei 2023.

Kedatangan Sultan Brunei Darussalam tersebut merupakan kedatangan kepala negara anggota ASEAN terakhir, menyusul negara anggota lainnya yang telah hadir lebih dulu untuk mengikuti serangkaian kegiatan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

Dalam penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 ini, Menteri Basuki berperan sebagai Penanggung Jawab Bidang Pelaksana KTT dan Logistik, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 2023 mengenai Panitia Nasional Keketuaan Indonesia pada ASEAN Tahun 2023.

Sebagai Penanggung Jawab Bidang Pelaksana KTT dan Logistik, Menteri Basuki ingin memastikan kelancaran teknis penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42. Seperti teknis kedatangan dan kepulangan para pemimpin dan delegasi negara anggota ASEAN, serta keamanan dan keselamatan penyelenggaraan KTT ASEAN. Termasuk, antisipasi cuaca yang dapat mengganggu jalannya kegiatan.

“Mengenai cuaca, berdasarkan laporan BMKG, terdapat risiko hujan pada sore hingga petang. Sehingga pada tanggal 10-11 Mei 2023 telah dilakukan operasi modifikasi cuaca dengan kerjasama antara BMKG, BRIN, Kementerian Perhubungan, dan TNI,” jelas Menteri Basuki.

Selain berharap penyelenggaraan KTT ASEAN dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir, Menteri Basuki juga berharap dampak kerja sama antar negara ASEAN dapat dirasakan secara konkret sehingga sesuai dengan tema keketuaan Indonesia di ASEAN yaitu “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

“Penyelenggaraan KTT ASEAN ini bukan sekedar seremonial saja, tetapi kami meyakini akan menghasilkan hal-hal yang lebih konkret dan ASEAN benar-benar menjadi epicentrum of growth,” tutup Menteri Basuki. (*)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan