Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan pada 10 November, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kementerian Sosial (Kemensos) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Parade Foto Pahlawan Nasional di sepanjang Jalan Tol Jasa Marga Group wilayah Jabotabek.

Secara simbolis, pembukaan acara kegiatan ini diselenggarakan di Rest Area Km 10 Jalan Tol Jagorawi pada Senin (01/11) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Sekretaris Utama (Sestama) BNPT Mayjen TNI Untung Budiharto, Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Enkky Sasono A.W, Direktur Klinik Pancasila & Kelompok Ahli BNPT DR Dody Susanto, Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Koswara, putri ketiga dari Bung Hatta Dra. Halida Nuriah Hatta, M.A. dan perwakilan dari Persatuan Keluarga Putra-Putri Perintis Kemerdekaan Indonesia 1908-1945.

Sestama BNPT Mayjen TNI Untung Budiharto dalam sambutannya menjelaskan betapa pentingnya acara Parade Foto Pahlawan Nasional ini, untuk menjadi tolak ukur dan mempertebal rasa nasionalisme.

“Meski sederhana, tetapi acara ini begitu bermakna bagi kita untuk terus melanjutkan nilai-nilai yang ditanamkan oleh pahlawan kita. Acara ini juga menjadi tolak ukur bagi kita bukan hanya untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan kita tetapi juga bentuk komitmen kita untuk mempertebal rasa nasionalisme di tengah badai gerakan radikalisme yang masih bertumbuh di negara kita,” ujar Untung Budhiarto.

Penyelenggaraan parade foto di sepanjang jalan tol juga sebagai manifestasi gerakan SATRIA (Sinergi Anti Terorisme Radikalisme Intoleransi Anarkisme) melalui pemupukan semangat kepahlawanan, perjuangan dan patriotisme anak bangsa.

Di ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group, foto-foto Pahlawan Nasional ditampilkan dalam bentuk media luar ruang seperti spanduk di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO)/Overpass, spanduk di rest area hingga spanduk di gerbang tol. Terdapat total 27 titik yang tersebar di Jalan Tol Jasa Marga Group di wilayah Jabotabek, di antaranya 16 titik terletak di wilayah Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (Jalan Tol Jagorawi, Dalam Kota, Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Jakarta-Tangerang dan Purbaleunyi) serta 11 titik lainnya terletak di wilayah Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (Jalan Tol Jakarta-Cikampek).

Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Enkky Sasono A.W. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi Jasa Marga kepada BNPT dan Kemensos serta menyambut baik kegiatan Parade Foto Pahlawan Nasional di sepanjang Jalan Tol Jasa Marga Group wilayah Jabotabek.

“Jasa Marga bangga berpartisipasi dalam kegiatan Parade Foto Pahlawan Nasional sebagai rangkaian dari Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021. Lewat acara ini, kita bisa mengingat kembali sejarah perjuangan dan pengorbanan dari para Pahlawan kita. Ini sekaligus menginspirasi generasi muda untuk berkarya serta membangun negara dan bangsa,” ucap Enkky.

Di kesempatan yang sama, Enkky juga menyampaikan pesan kepada seluruh Roadster Jasa Marga Group untuk terus meneladani kegigihan para Pahlawan dalam berjuang dan mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia dengan melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab yang diberikan Perusahaan dengan sebaik-baiknya.

“Segala upaya terbaik Roadster Jasa Marga tentunya harus diselaraskan dengan implementasi Tata Nilai AKHLAK. Terus bersemangat dalam menciptakan karya yang kreatif dan inovatif untuk mendorong kemajuan Perusahaan melalui bidang tugas masing-masing. Mari jadikan Jasa Marga Group sebagai tempat belajar, bertumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia,” lanjut Enkky.

Parade Foto Pahlawan Nasional juga disambut hangat oleh puteri ketiga Bunga Hatta Dra. Halida Nuriah Hatta, M.A. Dalam sambutannya, Halida Nuriah Hatta mengaku bahagia dengan diadakannya acara yang digagas oleh BNPT, Kemensos, Jasa Marga dan Klinik Pancasila tersebut.

“Dengan kegiatan ini, tentu saja menjadi suatu kehormatan bagi saya. Semoga kita bisa menjaga benang merah dari perjuangan para Pahlawan kita untuk meraih kemerdekaan melalui kekuatan kita sendiri. Sebagai salah satu anak dari Bung Hatta, saya juga berharap warisan para Pahlawan, baik kekuatan maupun pemikiran mereka, dapat kita teruskan di masa datang untuk kemajuan negara yang kita cintai ini,” tutup Halida Nuriah Hatta.(***)

Editor  : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan