Spread the love

liburlimaliburatuJakarta,BeritaRayaOnline,-Ruas jalan tol menjadi salah satu titik kemacetan yang diwaspadai aparat polisi selama libur panjang 4-8 Mei nanti. Polisi menyiapkam rekayasa pengaturan lalu lintas di titik-titik rawan macet di tol tersebut.

“Memang itu salah satu juga yang telah disampaikan dalam agenda rapat, salah satunya kemacetan di tahun lalu termasuk libur panjang demikian salah satu penyebab kemacetan yang parah,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (2/5/2016).

“Tadi sudah disampaikan bahwasanya ada titik-titik penyumbang kemacetan itu mulai arus dari Tol Karang Tengah, kemudian Tol Dalam Kota, kemudian Tol masuk Jagorawi, kemudian Cikampek dan JORR itu adalah penyumbang arus kemacetan,” tambahnya.libur

Untuk mengantisipasi kemacetan ini, Polda Metro Jaya bersama instansi terkait dan Polda daerah penyangga seperti Polda Banten dan Polda Jawa Barat telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi, terutama di titik-titik rawan tersebut.

“Di sini kita akan terjadi koordinasi misalnya kalau terjadi kemacetan di KM 19 rest area, kemudian harus dilakukan contraflow sehingga ada koordinasi dari pihak lainnya termasuk Polda Jabar dan Banten,” imbuhnya.

Begitu juga apabila terjadi kemacetan di Tol Karang Tengah, diprediksi menjadi salah satu penyumbangan volume kendaraan cukup banyak menuju Tol Dalam Kota. “ini tentunya di dalam kota juga akan mengantisipasi khususnya di perbatasan,” cetusnya.

Selain menyiapkan lajur untuk contraflow, polisi juga akan mengamankan rest area yang menjadi penyebab kemacetan saat libur panjang. Sebab biasanya, ketika terjadi kemacetan parah, para pengendara akan menuju ke rest area sehingga terjadi kemacetan yang mengular ke belakang.

“Kalau kita tidak jaga jangan sampai orang main minggir main berhenti capek, kita tidak ada yang ngatur,” lanjutnya.(**/sumber berita/detiknews.com/2/5/2016)

Fotografer by  : Jhonnie Castro/BeritaRayaOnline

Editor               : Pulo Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan