Retreat GMAHK Jatinegara : Rumah Tangga Yang Berpusat Pada Kristus

Cisarua,BeritaRayaOnline,-,-Setelah dilakukan survey lapangan kurang lebih selama tiga bulan,akhirnya jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jatinegara, Jakarta Timur, dapat melaksanakan Retreat mulai tanggal 26 Oktober-27 Oktober 2019 di Villa Gemala di Jalan Raya Puncak Km.80 Gg.Kartini, Leuwimalang, Cisarua, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rombongan dua bus jemaat GMAHK Jatinegara-termasuk memakai mobil pribadi-telah berangkat sejak pukul 05.00 WIB subuhhari (Sabtu, 26 Oktober 2019).

Puji Tuhan, pada Sabat pagi (26/10/2019) sekitar pukul 09.00 WIB, jemaat GMAHK Jatinegara telah bersiap melakukan ibadah dengan terlebih dahulu mendengar Seminar Session 1 “Rumah Tangga Yang Berpusat Pada Kristus” disampaikan oleh Pdt.R.Y.Hutauruk, Gembala Jemaat GMAHK Jatinegara.

Pada Seminar Session I berjudul “Agama Dalam Rumah Tangga”, Pdt.R.Y.Hutauruk dengan mengutip ayat inti Kejadian 8:20, Ulangan 6:6-7, 1 Samuel 1:20, Mazmur 19:8-10 dab Ayub 1:5 antara lain mengatakan;

1) Rumah Tangga adalah ladang pekerjaan keselamatan

2) Kesetiaan dimulai dari rumah tangga.

3) Jangan seperti kasus Imam Eli, yang ‘membiarkan’ anak-anaknya terus berbuat dosa ( 1Samuel 2:11-17).

4) Dalam rumah tangga, usahakan tetap dilakukan renungan pagi dan renungan malam.

“Apakah masih penting ibadah keluarga saat ini.Penting tentu saja baik renungan pagi maupun renungan malam.Sehingga hidup kita senantiasa diarahkan kepada Tuhan.Ini membuat anggota keluarga bertumbuh secara rohani, dan membuat anggota keluarga lebih kuat dalam menghadapi tekanan hidup.Acara retreat jemaat GMAHK Jatinegara ini diharapkan akan menjadikan keluarga suatu kebangunan dan pembaharuan rohani,” kata Pdt.R.Y.Hutauruk.

“Agama tidak boleh dipisahkan dari kehidupan kerohanian rumah tangga.Contohnya, Hana langsung menyerahkan anaknya (Samuel) kepada Tuhan seperti tertulis dalam 1 Sam 1:27-28.Dan, seperti Yosua yang menyatakan ‘tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan’ tertulis dalan Yosua 24:15b “katanya lagi.

Setelah itu dilanjutkan dengan Kebaktian Sekolah Sabat (SS) “Menghadapi Perlawanan” dengan protokol acara Stanley Arsenova, ayat inti dan doa bertelut Dara Padmasana, berita mission Ibu Pdt.R.Tamba, dan doa diskusi SS oleh Raymond Hursina.

Untuk diskusi gabungan dipimpin oleh Ludwig Hasibuan.Dan, Doa ACTS (doa kelompok) oleh Ketua Rachmat Perangin-angin.

Memasuki Jam Khotbah oleh Pdt.R.Y.Hutauruk berjudul “Pengaruh Orangtua Dalam Keluarga” dengan ayat bersahutan dari Amsal 4: 1-4, dan ayat inti Amsal 22:6.

Pelayan pada Jam Khotbah yakni doa syafaat oleh Ketua Lasman Simanjuntak, protokol dan ayat bersahutan Jefta Manoppo, bacaan persembahan& doa persembahan Nelson Simanjuntak, dan ayat inti oleh Nelson Simanjuntak.

Sedangkan pujian dibawakan oleh Hengky Gunawan dengan iringan gitaris Nelson Manuhutu.

Pada kesimpulan khotbah berjudul “Pengaruh Orangtua Dalam Keluarga” Pdt.R.Y.Hutauruk memberikan kesimpulan seperti ;

1)Anak belajar dari sikap orangtuanya.

2) Orangtua jadi teladan bagi anak-anaknya.

3) Teladan Eunike kepada Timotius (2Tim 1:5).

4)Jefta dalam kesetiaan (Hakim-Hakim 11: 30-40).

5) Teladan dalam hal rohani (Amsal 20:7-“Orang benar yang bersih kelakuannya-berbahagialah keturunannya”).

6) Teladan iman dalam masa-masa sulit (kutipan Alfa dan Omega Jilid 5 halaman 62).

Usai makan siang bersama dan istirahat sejenak, retreat GMAHK Jatinegara dilanjutkan dengan Seminar Session II serta Seminar Session III berjudul ” Mari Selamatkan Anak Muda” dan ” Power of Unity” oleh Pdt.R.Y.Hutauruk.

Protokol acara Friska Hutauruk yang juga diselingi dengan tanya jawab yang begitu bersemangat dari jemaat GMAHK Jatinegara.

Jelang Sabat sore, seminar rumah tangga dibawakan oleh anak muda Yoan Hutauruk (puteri sulung Pdt.R.Y.Hutauruk) dengan judul “Memutus Siklus Toksis Dalam Keluarga”.

Usai menyampaikan pemaparannya, Yoan Hutauruk lalu memanggil tiga orang jemaat Jatinegara ( Maria Hendriks, Ita Gunawan, dan Lasman Simanjuntak) untuk memberikan pendapatnya terhadap tiga pertanyaan yang diajukan.

Disela-sela seminar rumah tangga, Pdt.R.Y.Hutauruk langsung membawakan renungan tutup Sabat, sedangkan doa tutup Sabat dibawakan oleh Ketua Nelson Rondonuwu.

Usai makan malam bersama-memasuki Minggu Bekerja- sekitar pukul 20.00 WIB panitia retreat menyelenggarakan games & permainan.

Pada Minggu pagi (27/10/2019) sekitar pukul 05.30 WIB bertempat di ruang tamu Villa Gemala langsung diadakan Kebaktian Renungan Pagi Jemaat berjudul ” Kita Memiliki Jaminan Berkat” dengan ayat inti Ibrani 13:5 (kutipan Buku Bapa Kita Peduli-Ellen G White) yang dibawakan oleh Pdt.R.Y.Hutauruk dengan protokol acara Ketua Nelson Rondonuwu.

Setelah itu dimulailah olahraga pagi bersama jemaat baik itu berupa senam pagi sehat (dengan instruktur senam Debby D Soares), jogging track, renang, tenis meja, dan bola basket anak muda.

Usai sarapan pagi bersama-dengan koordinator acara Rudy Keintjem-dilanjutkan games& permainan yang kedua melibatkan seluruh jemaat Jatinegara.Acara dilaksanakan di tepi kolam renang Villa Gemala.

Setelah makan siang bersama, panitia retreat-dengan protokol acara Grace Perangin-angin-membacakan nama-nama pemenang games & permainan (berikut hadiahnya) serta hadiah door prize untuk para peserta retreat sekitar 125 orang.

Tepat pukul 14.00 WIB -usai sesi foto bersama- seluruh peserta retreat jemaat GMAHK Jatinegara meninggalkan Villa Gemala di Cisarua untuk kembali ke rumah masing-masing.Sampai bertemu pada Acara Retreat tahun 2020 mendatang.

Tuhan Yesus memberkati.

(Dilaporkan oleh Lasman Simanjuntak, Sie Publikasi Panitia Retreat GMAHK Jatinegara Tahun 2019).

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan