Spread the love

Puisi

Pulo Lasman Simanjuntak

TELEPON BERDERING

mendengar telepon berdering kering
menyapa derau hujan malamhari
dari seorang perempuan seberang jalan
yang rajin bunuh diri menyilet lengan
tak bisa mati
telinga kiriku terbakar sunyi

aku jadi teringat
dua belas abad perkawinan tertidur lelap
dalam kandang satwasatwa liar

kini hunian telah dibangun megah
menjadi mezbah batu penjuru
nyanyian koor menderu riuh
masa kanakkanak berkalungkan doa
kitab taurat disalibkan di dada

mendengar telepon berdering kering
maka genaplah kabar pahit ini
pikiran brutal gelisah basah
sesal terjebak berulangkali

siapkan liang kubur,
jiwaku cintaku
satu daging

di sini saja, sayangku
di sekitar akarakar bumi
kita tanami kebun karet
sehingga roh takut makin menjelma
kemana gerangan imanku pergi lagi ?

Pamulang, 21 Mei 2021

Biodata Penyair :
Pulo Lasman Simanjuntak, dilahirkan di Surabaya, 20 Juni 1961.Menempuh pendidikan di
Sekolah Tinggi Publisistik (STP/IISIP-Jakarta).Belajar sastra secara otodidak.Hasil karya sajaknya pertama kali dipublikasikan sewaktu masih duduk di bangku SMP, yakni dimuat di ruang sanjak anak-anak Harian Umum Kompas tahun 1977.

Kemudian pada tahun 1980-an sajak-sajaknya mulai disiarkan di Majalah Keluarga, Dewi, Nova, Monalisa, Majalah Mahkota, Harian Umum Merdeka, Suara Karya, Jayakarta, Berita Yudha, Media Indonesia, Harian Umum Seputar Indonesia (Sindo), SKM.Simponi, SKM.Inti Jaya, dan SKM.Dialog.

Buku kumpulan sajak tunggalnya yang sudah terbit “Traumatik”(1997), “Kalah atau Menang” (1997), “Taman Getsemani”(2016), dan “Cor Beton Bercumbu Dengan Hujan ” (2021).Sajaknya juga ikut dalam Antologi Puisi ke-VII Dapur Sastra Jakarta(DSJ) “Para Penuai Makna” (Maret 2021), Antologi Puisi ke-II Guepedia The First On-Publisher in Indonesia ” Syair Merdu Sang Pujangga” (April 2021), Antologi Puisi ASU (-Lumbung Puisi Sastrawan Indonesia-Mei 2021), dan De Mantans (Mei 2021).

Namanya juga telah masuk dalam Buku Pintar Sastra Indonesia Halaman 185-186 diterbitkan oleh Kompas (PT.Kompas Media Nusantara) cetakan ketiga tahun 2001 dengan Editor Pamusuk Eneste, serta Buku Apa & Siapa Penyair Indonesia halaman 451 diterbitkan oleh Yayasan Puisi Indonesia dengan Editor Maman S Mahayana dan Kurator Sutardji Calzoum Bahchri, Abdul Hadi W.M, Rida K.Liamsi, Ahmadun Y Herfanda, dan Hasan Aspahani.

Pernah aktif di Bengkel Sastra Ibukota dan sewaktu masih mahasiswa STP aktif dalam Kelompok Sastra Kita, serta saat ini tercatat sebagai anggota Dapur Sastra Jakarta (DSJ), dan Lumbung Puisi Sastrawan Indonesia IX 2021.Sekarang ini sebagai Ketua Komunitas Sastra Pamulang (KSP), Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Pernah bekerja sebagai wartawan Skm.Angkatan Baru, Majalah Varia Nada, Aneka Ria, Info, Spionita, Caraka, Monalisa, Harian Umum Sinar Pagi, Harian Umum Mandala (terbitan Bandung pada perwakilan di Jakarta), dan Redaktur Pelaksana SKM.Dialog (Jakarta). Pada saat ini sebagai Pemimpin Redaksi beritarayaonline.co.id, emaritim.com dan berita raya tv.Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) No.Anggota 09.00.0782.12, dan pemegang Sertifikasi Kompetensi wartawan (No.ID.4358) Dewan Pers jenjang Wartawan Madya, Provinsi DKI Jakarta.

Tulisan jurnalistiknya banyak tersebar di Majalah Remaja HAI, Majalah Keluarga, Nova, Dewi, Harian Umum Sinar Harapan, Suara Karya, BeritaYudha, Pelita, Harian Umum Ekonomi Neraca, Jawa Pos Group, Media Indonesia, Majalah Tempo, Harian Umum Berita Kota, Warta Kota, , Koran Tempo, Harian Umum Banten Raya, Pikiran Rakyat, Harian Umum Radar Tangerang, SKM.Dialog, dan masih banyak lagi.

Di luar kegiatan sastra dan jusnalistik, juga sebagai anggota majelis Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jatinegara dengan jabatan saat ini sebagai Ketua Jemaat GMAHK Jatinegara.

Bermukim di Pamulang, Kota Tangerang Selatan.Kontak person HP 08561827332.

Tinggalkan Balasan