Spread the love

Puisi

Pulo Lasman Simanjuntak

BUMI TERBALIK

menghitung hari
tanpa matahari pagi
seperti membaca
jumlah utang biliun
di negeri ini

sebab hidup
hanya bercumbu
dengan kartu kredit lusuh

menunggu kapan krisis pangan
bakal melanda kehidupan
tanpa gaji
di tangan kanan

sunyi pandemi ini terus saja berteriak-teriak
minta pertolongan ke langit cakrawala
supaya didengar mata uang langka

ataukah aku harus terus bersetubuh
dengan rahim tua
milik mesin digital
yang berkeliaran bukan di pasar tradisional

duh, puisiku akhirnya kembali kelaparan

Pamulang, Minggu, 3 April 2022

______________________________________

Biodata  :Pulo Lasman Simanjuntak, dilahirkan di Surabaya, 20 Juni 1961.Menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Publisistik (STP/IISIP-Jakarta).
Belajar sastra secara otodidak.Hasil karya sajaknya pertama kali dipublikasikan sewaktu masih duduk di bangku SMP, yakni dimuat di ruang sanjak anak-anak Harian Umum Kompas tahun 1977.

Kemudian pada tahun 1980 sampai tahun 2021 sajak-sajaknya mulai disiarkan di Majalah Keluarga, Dewi, Nova, Monalisa, Majalah Mahkota, Harian Umum Merdeka, Suara Karya, Jayakarta, Berita Yudha, Media Indonesia, Harian Sore Terbit, Harian Umum Seputar Indonesia (Sindo), SKM.Simponi, SKM.Inti Jaya, SKM.Dialog, HU.Bhirawa (Surabaya), Koran Media Cakra Bangsa (Jakarta), Majalah Habatak Online,  negerikertas.com, Harian Umum Utusan Borneo, Sabah (Malaysia) dan Portal Sastra Litera.co.id.

Buku kumpulan sajak tunggalnya yang sudah terbit “Traumatik”(1997), “Kalah atau Menang” (1997), “Taman Getsemani”(2016), “Bercumbu Dengan Hujan ” (2021), “Tidur Di Ranjang Petir” (2021),  ” Mata Elang Menabrak Karang” (2021), serta ” Rumah Terbelah Dua” ( 2021).
Sajaknya juga termuat dalam 15 Buku Antologi Puisi Bersama Penyair di seluruh Indonesia.

Namanya juga telah masuk dalam Buku Pintar Sastra Indonesia Halaman 185-186 diterbitkan oleh Kompas (PT.Kompas Media Nusantara) cetakan ketiga tahun 2001 dengan Editor Pamusuk Eneste, serta Buku Apa & Siapa Penyair Indonesia halaman 451 diterbitkan oleh Yayasan Puisi Indonesia dengan Editor Maman S Mahayana dan Kurator Sutardji Calzoum Bahchri, Abdul Hadi W.M, Rida K.Liamsi, Ahmadun Y Herfanda, dan Hasan Aspahani.

Pernah aktif di Bengkel Sastra Ibukota dan sewaktu masih mahasiswa STP aktif dalam Kelompok Sastra Kita, serta saat ini tercatat sebagai anggota Dapur Sastra Jakarta (DSJ),  Komunitas Negeri Poci, dan Lumbung Puisi Sastrawan Indonesia IX 2021.Sekarang ini sebagai Ketua Komunitas Sastra Pamulang (KSP), Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Pernah bekerja sebagai wartawan Skm.Angkatan Baru, Majalah Varia Nada, Aneka Ria, Info, Spionita, Caraka, Monalisa, Harian Umum Sinar Pagi, Harian Umum Mandala (terbitan Bandung pada perwakilan di Jakarta), dan Redaktur Pelaksana SKM.Dialog (Jakarta). Pada saat ini sebagai Pemimpin Redaksi beritarayaonline.co.id, emaritim.com dan berita raya tv.
Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) No.Anggota 09.00.0782.12, dan pemegang Sertifikasi Kompetensi wartawan (No.ID.4358) Dewan Pers jenjang Wartawan Madya, Provinsi DKI Jakarta.
Tulisan jurnalistiknya banyak tersebar di Harian Umum Suara Karya, Harian Umum Pelita, Harian Umum Ekonomi Neraca, Jawa Pos Group, Harian Umum Media Indonesia, Majalah Tempo, Harian Umum Berita Kota, Harian Umum Warta Kota, Majalah Tempo, Koran Tempo, Harian Umum Banten Raya, Harian Umum Pikiran Rakyat, Harian Umum Radar Tangerang, SKM.Dialog, dan masih banyak lagi.

Di luar kegiatan sastra dan jurnalistik, juga sebagai anggota majelis Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jatinegara dengan jabatan saat ini sebagai Ketua Jemaat GMAHK Jatinegara tahun 2021.

Tinggalkan Balasan