Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Patuh terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes) melalui 3 M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) ternyata telah membuktikan langsung dapat mencegah penularan virus Covid-19 khususnya di kluster perkantoran.

Kesaksian ini dibuktikan langsung oleh Bobby M (27 tahun) kepada BeritaRayaOnline ketika menemuinya di kawasan Kali Malang, Jakarta Timur, Rabu siang (6/1/2021).

“Dengan rajin terapkan protokol kesehatan (prokes-red)¬† melalui 3 M, Puji Tuhan, saya bisa tak tertular ketika salah satu kawan di kantor tempat saya bekerja ternyata positip Covid-19,” ceritanya.

Diceritakan Bobby lagi, kasus penularan virus Covid-19 melalui kluster perkantoran dialaminya bulan lalu.

“Kebetulan saya bekerja satu ruangan, tetapi lain divisi dengan kawan saya yang ternyata setelah dilakukan swab test hasilnya¬† positip Covid-19 .Namun karena di ruang kantor tersebut satu pintu keluar, kita memang sulit menghindar,” ucapnya.

Untunglah, lanjut Bobby, setiap masuk kantor dirinya selalu disiplin terapkan protokol kesehatan yang sangat ketat seperti pakai double masker, face shield,  jaga jarak dan selalu membawa hand sanistizer.

“Misalnya seusai memakai komputer lap top saya langsung semprot hand sanistizer.Dan, kalau kebetulan ke kamar mandi, langsung juga cuci tangan,” kata anak muda yang mahir disain digital ini.

Begitu satu kantor ada yang positip Covid-19-malah sempat menulari dua orang karyawan yang mejanya berhadapan- pihak pimpinan perusahaan langsung keluarkan instruksi semua karyawan yang satu ruangan dengan karyawan positip Covid-19 tersebut harus melakukan rapid test dan swab test segera.

“Saya langsung melakukan swab test di sebuah rumah sakit swasta di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, dengan mengambil swab test paket silver berbiaya Rp 1,2 juta, ” akuinya.

“Puji Tuhan, setelah menunggu dua hari, hasil swab test keluar dan hasilnya saya negatif atau bersih tak tertular virus Covid-19.Saya yakin selain pertolongan Tuhan, karena selama pandemi di kantor saya ketat terapkan protokol kesehatan melalui 3 M,” kata Bobby yang berkantor di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat ini.

Sesuai peraturan pemerintah, kalau terjadi kasus Covid-19 di kluster perkantoran, maka harus ditutup dulu dua minggu dan harus pula dilakukan steril ruangan melalui penyemprotan disinfektan.

“Makanya saya sekarang kerja di rumah atau work from home WFH.Nanti kalau sudah normal bisa kembali ke kantor.Pesan saya di tengah situasi pandemi yang belum selesai ini tetap terapkan protokol kesehatan melalui 3 M,” pungkasnya. (BRO-12)

Editor : Jhonnie Castro

Tinggalkan Balasan