Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Protokol kesehatan Covid-19 untuk memutus mata rantai penularan virus corona antar sesama penumpang selama melakukan perjalanan mempergunakan jasa Kereta Api (KA) Gajayana Ekspress Jakarta-Malang tetap diterapkan secara ketat.

Demikian pengamatan langsung yang dialami wartawan BeritaRayaOnline  ketika menjadi salah satu penumpang KA Gajayana Ekspress mulai dari Stasiun KA Gambir Jakarta Pusat sampai tiba di Stasiun KA Kota Malang Jawa Timur, baru-baru ini.

“Walaupun sudah vaksin dua kali, penumpang kereta api tetap diwajibkan untuk melakukan rapid test GeNoSe Covid-19. Ini sudah peraturan dari PT.Kereta Api Indonesia, Mas,” ujar seorang petugas dari PT.KAI kepada wartawan BeritaRayaOnline yang menolak untuk rapid test GeNoSe Covid-19 dengan menunjukkan Surat Vaksinasi Covid-19 yang sudah dua kali.

“Padahal tadi menurut keterangan dari petugas di tempat  rapid test GeNoSe Covid-19 di depan pintu masuk Stasiun KA Gambir diperbolehkan berangkat naik kereta api dengan menunjukkan Surat Vaksinasi Covid-19 saja.Kecuali kalau pulang dari Malang ke Jakarta harus tetapi rapid test GeNoSe,” protes wartawan BeritaRayaOnline sambil menunjukkan kembali Surat Vaksinasi Covid-19.

“Sampai hari ini belum ada instruksi dari pimpinan PT.KAI untuk memperbolehkan penumpang kereta api diperbolehkan berangkat memakai Surat Vaksinasi Covid-19.Jadi, untuk terapkan protokol kesehatan harus tetapi mengikuti rapid test GeNoSe,” tegasnya lagi.

Setelah mengikuti rapid test GeNoSe, wartawan BeritaRayaOnline telah memenuhi syarat protokol kesehatan Covid-19 untuk menjadi penumpang Kereta Api (KA) Gajayana Ekspress jurusan Jakarta-Malang.

Wartawan BeritaRayaOnline dengan tetap mempergunakan masker- bahkan double masker-semua penumpang telah masuk ke dalam gerbong kereta api yang termasuk kelas luxury dan eksekutif, dengan tertib, teratur, dan menghindari kerumunan.

Selama perjalanan malamhari Jakarta-Malang Jawa Timur – menempuh jarak hampir 907 kilometer dengan kecepatan 70 Km-120 Km/jam -semua penumpang KA Gajayana Ekspress harus tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 terutama selama berada di dalam gerbong kereta api yang ber-AC– dingin ini.

Bahkan saat pemeriksaaan rutin dari petugas KA, bila ada penumpang KA yang tak memakai masker, langsung ditegur. Tidur pun selama perjalanan harus tetap mempergunakan masker.

Dilarang pula berkerumun di dalam gerbong kereta api dengan tetap menjaga jarak antar penumpang supaya aman, khususnya dalam mencegah penularan virus corona antar penumpang KA.

Untuk sarana cuci tangan, pihak PT.KAI menyediakan sarana toilet dengan air yang mengalir. Gerbong KA tetapi dibersihkan setiap melewati stasiun.Sehingga dengan protokol kesehatan yang ketat, mencuci tangan, dan menjaga jarak, perjalanan ini terasa aman, nyaman, dan jauh dari penularan virus corona.

Selama perjalanan mempergunakan KA Gajayana Ekspress ini  betul-betul dijaga kebersihannya.Tiap saat sampah yang dibawa penumpang langsung diangkut.Masker medis gratis  juga diberikan oleh pihak PT.KAI kepada seluruh penumpang.Sampai tiba di Stasiun KA Kota Malang Jawa Timur dan sampai ke luar stasiun penumpang tetap diwajibkan untuk terapkan protokol kesehatan Covid-19. (BRO-10)

Editor : Jhonnie Castro

Tinggalkan Balasan