Polbangtan Bogor Terapkan Sistem Kedisiplinan

Bogor,BeritaRayaOnline,- Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menerapkan sistem kedisiplinan yang tinggi terhadap mahasiswa karena kedisiplinan sangat penting untuk kemajuan mahasiswa dan merupakan salah satu hal yang tidak bisa lepas dalam jati diri seseorang.

Sikap disiplin akan tercermin dalam perbuatan dan tingkah laku.

Upaya untuk meningkatkan kedisiplinan mahasiswa telah dibentuk bidang hukum oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dengan jumlah anggota tiga orang, yang berfungsi mengawasi mahasiswa.

Kegiatan yang diawasi meliputi ketepatan waktu dalam melaksakan kegiatan kampus maupun akademik seperti kegiatan apel pagi, apel sore, lari pagi, pelaksanaan makan, piket mahasiswa serta bakti kampus.

“Jika dinilai kedisipilinan mahasiswa dari skala 1-10 adalah 8, berkat manajamen koordinator bidang kedisiplinan dan kerjasama yang baik dengan menwa serta seluruh mahasiswa,” kata Dr. Endang Endrakasih.

Lebih lanjut Dr. Endang mengatakan lagi, korbid kedisiplinan sangat membantu pelaksanaan kedisiplinan di kampus.Harapannya semoga dapat melaksasanakannya dengan istiqomah dan dapat membagi waktu antara intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler.

“Kedisiplinan dalam melakukan sesuatu merupakan obat bagi orang yang pelupa, selain itu prestasi berawal dari disiplin setiap individu, secara kumulatif akan menjadi prestasi bangsa,”tambah Dr. Endang selaku dosen dan pembina kedisiplinan.

Kegiatan kedisiplinan mahasiswa baik sekali karena mahasiswa dalam lingkup sangat dekat sehingga sangat mudah saling mengingatkan. Harapannya kedisiplinan ini dapat dipertahankan. Kedepannya kedisiplinan tidak hanya untuk mahasiswa tetapi juga untuk civitas akademika.

Sebaiknya mahasiswa sudah dapat mengurus diri sendiri selaku orang dewasa dan hindari tekanan yang bersifat fsikis. Untuk UKM yang bersifat pembentukan karakter anggarannya diperbesar.

Menurut Kennedy selaku dosen dan Ketua Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan.

“Kedisiplinan mahasiswa Polbangtan Bogor khususnya di kampus Cinagara sejauh ini sudah mulai berjalan membaik, berkat kerjasama dan sinergitas BEM bidang kedisiplinan dengan Menwa. Namun, masih banyak yang harus diperbaiki agar lebih baik lagi. Tentu bukan hal yang mudah untuk menjalakan ini semua, namun semuanya akan terbiasa untuk selalu disiplin dalam segala hal. Untuk itu kita harus menerapkan kedisiplinan ini dengan cara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” kata Nofri .(*/Facebook Polbangtan Bogor)

Editor : Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan