Spread the love

spanyolduaJakarta, BeritaRayaOnline,-Harus susah payah mengalahkan Republik Ceko dengan skor tipis 1-0. Pelatih Vicente del Bosque tak peduli dengan komentar publik karena yang penting La Furia Roja menang.

Spanyol melakoni laga perdananya di Grup D Piala Eropa 2016 dengan menghadapi Ceko di Stadion Municipal, Toulouse, Senin (13/6/2016) malam WIB. Bermain full team termasuk menurunkan kiper David de Gea yang baru terlibat skandal seks, Spanyol bermain dominan sejak awal.

Statistik Soccernet mencatat Spanyol punya 17 attempts sepanjang 90 menit dengan total lima tembakan mengarah ke gawang. Selain itu mereka menguasai 72 persen ball possesion.

Sementara Ceko hanya diberi tujuh attempts dengan tiga mengarah ke gawang. Bahkan di babak pertama, Ceko baru mendapat peluang tepat sasaran di menit-menit akhir.

Meski tampil dominan, Spanyol terlihat kesulitan membongkar pertahanan berlapis Ceko. Selain itu ketangguhan Petr Cech di bawah mistar juga beberapa kali mementahkan peluang Spanyol.

Namun, pada akhirnya gawang Cech bobol juga setelah crossing Andres Iniesta di menit ke-86 disundul Gerard Pique tepat di depan gawang. Hingga laga berakhir, skor 1-0 tetap bertahan untuk kemenangan Spanyol.

Meski meraih kemenangan, Spanyol tetap dikritik terkait performa para pemain depannya yang membuang-buang peluang seperti Alvaro Morata yang punya tiga peluang emas. Namun, Del Bosque tak mempermasalahkan itu karena yang penting timnya bisa menang.

“Tentu saja saya menikmatinya ketika tim bermain baik. Tapi Anda harus menang, tidak cuma bermain cantik. Anda harus main cantik dan menang,” tutur Del Bosque di Soccerway.

“Kami membuat banyak peluang, kami berharap tidak kesulitan bikn gol. Kami menguasai penuh pertandingan, di mana itu yang paling penting. Toh, gaya main kami tidak buruk-buruk amat dalam beberapa tahun terakhir,” sambungnya.

“Kini kami punya modal bagus untuk menatap laga ke depan, kami ingin melaju sejauh mungkin. Kini kami lebih optimistis ketimbang jika kami bermain imbang,” tutupnya.

Puji Rekan Satu Tim

spanyolKiper Tim Nasional Republik Ceko, Petr Cech, memuji rekan setimnya atas permainan yang telah mereka tampilkan pada laga melawan Spanyol dalam lanjutan laga Grup D Piala Eropa 2016, Senin 13 Juni 2016. Cech tetap memberikan pujian walaupun timnya harus kalah.

Dalam laga tersebut, sang juara bertahan harus menang dengan susah payah melawan Ceko. Tim Matador hanya menang tipis 1-0 lewat gol dari Gerard Pique.

Sebenarnya, Ceko hampir saja memaksakan hasil imbang apabila peluang emas dari Vladimir Darida bisa dimaksimalkan dengan baik. Tetapi, kiper Spanyol, David De Gea, tampil lebih baik dalam laga ini.

“Selalu sulit dengan waktu tersisa empat menit tetapi saya pikir kami telah melakukannya dengan baik selama 86 menit. Kami selalu dalam tekanan tetapi kami bisa menahan mereka,” ujar Cech seperti dilansir dari Soccerway.

“Saya senang dengan penampilan saya tetapi saya pikir pertahanan kami sangat luar biasa. Kami berhasil menahan serangan mereka dan selalu mengisi ruang,” katanya lagi.

Langkah Republik Ceko untuk lolos dari grup semakin sulit setelah kekalahan ini. Mereka harus mengalahkan dua tim kuat, yakni Kroasia dan Turki untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.(**/Dbs/Bro-2)

Editor  : Eykel Lasflorest Simanjuntak

Tinggalkan Balasan