Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan motivasi kepada 301 penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan, pada Persiapan Keberangkatan (PK) angkatan PK ke-231 Tahun 2024, Senin (28/5). PK merupakan kegiatan pembekalan yang diikuti para penerima beasiswa LPDP sebelum berangkat studi.

Menteri Basuki mengapresiasi para penerima beasiswa yang telah lolos seleksi LPDP. “Yang di sini semua pasti pintar karena lolos seleksi LPDP. Pintar saja tidak cukup, tapi harus jadi orang benar dan juga memiliki sifat akhlakul karimah. Akhlakul karimah ada tiga sifatnya yakni harus bermanfaat bagi orang, nyaman bagi orang dan aman bagi orang karena kita bekerja selalu team work,” kata Menteri Basuki.

Untuk itu, Menteri Basuki menekankan agar para penerima beasiswa LPDP harus bersyukur mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. “Anda harus bersyukur terpilih dari 40.000 orang pendaftar. Bisa terpilih ini tidak gampang karena tidak hanya dilihat otaknya, tapi karakter dan attitudenya. Ini adalah anugerah, bisa melanjutkan sekolah dengan support dari LPDP. Hanya dengan sekolah Anda bisa mengubah hidup,” ujar Menteri Basuki.

Selanjutnya, selain bersyukur juga diawali dengan niat untuk meraih ilmu dan _skill_ yang bermanfaat. Menteri Basuki berpesan untuk niatkan bukan hanya sekadar mencari ijazah, lalu niatkan untuk mengembangkan diri, niatkan untuk menikmati proses belajar, niatkan untuk menjaga keseimbangan dan kembali ke Indonesia.

“Belajar itu dinikmati, bukan jadi beban. Lebur dengan komunitas lain, jangan hanya bergaul dengan orang Indonesia dengan begitu kita bisa meningkatkan _capability_ diri kita, menambah kawan, memperluas jejaring internasional dan memperkaya pengalaman,” ungkap Menteri Basuki.

Di samping sisi akademis, Menteri Basuki juga berpesan agar para penerima beasiswa LPDP untuk menjaga keseimbangan seperti olahraga, ibadah dan rekreasi. “Kalau saya nge-drum jadi keseimbangan, ini juga diplomasi saya. Kemarin di Cultural Night World Water Forum ke-10 di Bali saya nge-drum sampai jam 11 malam orang-orang tidak mau pulang. Ini betul-betul jadi diplomasi saya, jadi kalau sekolah jangan lupa keseimbangan,” ucap Menteri Basuki.

Menteri Basuki berharap para penerima beasiswa LPDP ini menjadi pemimpin Indonesia di masa depan. “Saya mau beberapa orang yang ada di ruangan ini untuk jadi pemimpin dalam 20 tahun ke depan. Untuk itu saya berharap Saudara-saudara sekalian bisa sekolah dengan baik dan lancar. Selamat belajar, keluarkan _fighting spirit_ untuk menggapai cita-cita,” tutup Menteri Basuki.

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mengucapkan terima kasih atas kesediaan Menteri Basuki untuk memberi motivasi pada para penerima beasiswa LPDP. “Pak Bas ini punya pengalaman hidup, pengalaman studi, pengalaman profesional dan _leadership_ luar biasa yang sama-sama kita teladani. Selain pekerja keras juga penuh inspirasi. Terima kasih Pak Bas telah menyempatkan untuk hadir,” tutur Andin.(*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan