Spread the love

perumnasJakarta,BeritaRayaOnline,- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan meminta agar Perumnas bisa memaksimalkan pemanfaatan lahan milik Pemerintah Daerah (Pemda) guna mendukung pelaksanaan Program Satu Juta Rumah di daerah. Adanya kerjasama yang baik antara Perumnas dengan Kementerian PUPR dan Pemda diharapkan mampu menyediakan lebih banyak rumah-rumah murah untuk para pegawai negeri sipil (PNS) dan masyarakat.

“Kami harap Perumnas bisa lebih memperbanyak pembangunan rumah murah untuk masyarakat dengan memanfaatkan lahan-lahan yang ada baik itu miliknya sendiri maupun lahan Pemda,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin di sela-sela Acara Puncak Hari Ulang Tahun Perumnas ke – 42 di Jakarta, Senin (18/7/2016).

Menurut Syarif, keberadaan Perumnas sebagai BUMN yang memang ditugaskan untuk membangun perumahan untuk masyarakat merupakan salah satu mitra strategis untuk mensukseskan Program Satu Juta Rumah di Indonesia.

Untuk itu, diperlukan koordinasi yang intensif antara berbagai pemangku kepentingan bidang perumahan agar program penyediaan perumahan bisa memenuhi kebutuhan rumah masyarakat yang angkanya terus meningkat setiap tahunnya.

Untuk mempermudah pelaksanaan pembangunan rumah, imbuh Syarif, Kementerian PUPR juga terus mendorong kesadaran Pemda agar bisa memberikan kemudahan perizinan untuk perumahan yang dibangun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Potensi lahan yang masih cukup luas di daerah-daerah diharapkan bisa dimanfaatkan oleh Perumnas mengingat mereka memiliki kantor regional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Perumnas bisa bekerjasama dengan Pemda untuk memanfaatkan lahan Pemda untuk rumah para PNS dan MBR. Pembangunan Apartemen Sentraland Jakabaring di Palembang merupakan contoh sukses pembangunan yang dilaksanakan Perumnas. Pemda memberikan kemudahan perizinan serta lahan dan Perumnas bisa membangun hunian vertikal dengan baik,” terangnya.

Syarif menambahkan, adanya PP Nomor 83 Tahun 2015 tentang revitalisasi Perumnas diharapkan dapat memacu semangat Perumnas dalam pembangunan rumah di Indonesia. Dirinya juga meminta agar Perumnas tidak cepat berpuas diri atas hasil-hasil karyanya selama ini khususnya pembangunan kota-kota baru di Indonesia.

“Kementerian PUPR siap menjembatani jika memang ada Pemda yang memerlukan bantuan dari Perumnas dalam hal penyediaan perumahan bagi masyarakat. Kami juga memiliki bantuan-bantuan bidang perumahan seperti prasarana, sarana dan utilitas (PSU) sehingga dapat mendorong Perumnas maupun pengembang perumahan lainnya untuk lebih bersemangat dalam pembangunan perumahan,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perumnas, Himawan Arief Sugoto menerangkan, memasuki usia 42 tahun ini Perumnas akan terus berupaya berbenah diri dan meningkatkan kualitas hasil pembangunan rumah untuk masyarakat Indonesia.

Namun demikian, dirinya juga berharap dukungan dari pemerintah pusat dan daerah agar memberikan kemudahan bagi Perumnas untuk dapat mendukung Program Satu Juta Rumah yang telah dicanangkan pemerintah guna memenuhi kebutuhan rumah masyarakat.

“Tema utama yang kami usung dalam HUT Perumnas ke- 42 ini adalah “Pasti Bisa! Terus Berkarya”. Tentunya tantangan ke depan khususnya program perumahan di Indonesia akan semakin berat. Dan kami mengajak pemerintah serta jajaran direksi dan karyawan Perumnas untuk lebih keras dalam bekerja sehingga masyarakat bisa memiliki rumah yang layak huni,” tandasnya. (**/Bro-1)

Editor  : Pulo Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan