Spread the love

Hwaseong, BeritaRayaOnline,-Di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang krisis air global, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah China telah mengambil langkah konkret untuk memperkuat kerjasama dalam pengelolaan sumber daya air.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia, Basuki Hadimuljono bersama dengan Wakil Menteri Sumber Daya Air China, Liu Weiping, secara resmi bertemu di K-Water Global Education Center, Hwaseong, Korea Selatan, Kamis (6/7/2023) untuk membahas tantangan dan peluang dalam mengatasi krisis air yang semakin mendesak.

“Pertemuan bilateral ini menandai sebuah komitmen bersama untuk menciptakan solusi inovatif dan berkelanjutan guna menjaga keberlanjutan sumber daya air di Indonesia, China, dan seluruh dunia,” ujar Menteri Basuki.

Dalam pertemuan ini pula, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR dan Pemerintah China melalui Kementerian Sumber Daya Air menekankan pentingnya kolaborasi kedua negara untuk mengatasi tantangan sumber daya air.

“Pemerintah Indonesia mengapresiasi komitmen Pemerintah China dalam mendukung penyelenggaraan 10th World Water Forum di Bali pada 2024 mendatang. Kerja sama ini akan memperkuat pengelolaan sumber daya air dan mencari solusi inovatif dalam menghadapi masalah global,” kata Menteri Basuki.

Selain mendukung Pemerintah Indonesia yang mewujudkan semangat kerja sama dan kolaborasi melalui penyelenggaraan kegiatan 10th World Water Forum di Bali, Indonesia, Pemerintah China juga akan memastikan penyelenggaraan 4th Asia International Water Week di Beijing, China berjalan dengan baik.

“Pemerintah China juga akan memastikan kesuksesan 4th AIWW di Beijing yang juga akan diselenggarakan pada 2024 dan kami memohon dukungan bersama supaya tujuan pengelolaan sumber daya air yang lebih baik dapat tercapai,” kata Wakil Menteri Liu Weiping.

Kementerian PUPR berharap melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman tersebut, Indonesia dan China dapat mencapai pengelolaan air yang berkelanjutan untuk kepentingan kedua negara dan juga masyarakat global. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan