Spread the love

Penajam Paser Utara, BeritaRayaOnline,- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyambut baik kunjungan delegasi Japan International Cooperation Agency (JICA) dan perwakilan Pemerintah Kota Yokohama, Jepang meninjau kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa (24/10/2023). Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama antara Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas dan Badan Otorita IKN serta sebagai tindak lanjut atas ketertarikan dari para investor Singapura untuk  berpartisipasi dalam pengembangan IKN Nusantara.

Kunjungan diawali dengan meninjau Rumah Teknologi Nusantara menuju Titik Nol IKN Nusantara yang menjadi referensi lokasi pembangunan berbagai infrastruktur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Selanjutnya, rombongan mengunjungi Rumah Tapak Menteri, dan Menara Pandang Jalan Sumbu Kebangsaan Barat untuk melihat progres pembangunan Kawasan Istana Kepresidenan.

“Saat ini kami fokus pada pembangunan infrastruktur dasar yang ditargetkan selesai 2024, selanjutnya akan terus secara bertahap,” kata Kasi Pelaksanaan Wilayah II, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur Alfrits Steeve Willy Makalew.

Berdasarkan data Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN hingga 19 Oktober 2023, progres fisik untuk batch 1 yang telah dimulai sejak 2020 sebanyak 40 paket pekerjaan sebesar 55,89% dan batch 2 dimulai sejak Maret 2023 sebanyak 42 paket sebesar 1,14%, sehingga total progres pekerjaan fisik secara keseluruhan (82 paket) sebesar 22,16%.

Beberapa infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN. Salah satunya Bendungan Sepaku Semoi dengan progres 98,12% dan telah dilakukan pengisian air awal (impounding) serta pembangunan Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek dengan target selesai Juli 2024.

Setelah melakukan tinjauan di kawasan KIPP IKN Nusantara, rombongan JICA dan Pemerintah Kota Yokoyama menuju Kota Balikpapan dengan melewati pembangunan Jalan Tol Akses menuju IKN. Kementerian PUPR tengah tengah menyelesaikan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN Nusantara, dalam rangka mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN Nusantara yang saat ini sekitar 2  jam. Jalan tol ini terhubung dengan jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sehingga nanti setelah tersambung, diperkirakan waktu tempuh hanya sekitar 30-45 menit.

Pembangunan Jalan Tol IKN saat ini sudah berjalan 3 seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 26,4%, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan progres 40,2%, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 60,2%. Ketiga seksi ini ditargetkan rampung pada pertengahan tahun 2024. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan