Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 di Lapangan Sapta Taruna Kementerian PUPR dengan mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, Kamis (22/12/22).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti dengan Komandan Upacara Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Essy Asiah. Upacara diikuti oleh pegawai Kementerian PUPR, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian PUPR, dan para CPNS yang tergabung dalam Satuan Tugas Pasca Bencana Gempa di Cianjur.

Dalam upacara tersebut, Diana menyampaikan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan mengingat kembali akan pentingnya perempuan dalam mencapai tujuan-tujuan bangsa.

“Fakta historis para pejuang perempuan Indonesia ini mencerminkan bahwa perempuan Indonesia sudah mempunyai kesadaran sebagai subjek otonom yang tidak menjadikan peran domestik sebagai satu-satunya bentuk atau pilihan untuk aktualisasi dirinya sejak lama. Mereka berperan aktif dalam meraih Kemerdekaan RI, aktif berkontribusi dalam hidup berbangsa dan bernegara,” kata Diana.

Peringatan Hari Ibu juga menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan kesetaraan bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk perempuan dan laki-laki yang memang sudah dijamin sejak awal dalam UUD RI 1945. Hal ini pun juga sesuai dengan target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional, baik jangka menengah dan jangka panjang, maupun Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sampai dengan tahun 2030.

“Maka dengan mempertimbangkan komitmen bangsa, kondisi dan isu-isu prioritas hingga saat ini, Peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022 masih mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, ujar Diana.

Peran perempuan dalam pembangunan, termasuk pembangunan infrastruktur tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik pemerintah, akademisi dan profesional, dunia usaha, media massa, maupun masyarakat

“Maka momentum Peringatan Hari Ibu sebaiknya dijadikan momentum untuk bersatu mencapai Indonesia yang maju melalui prinsip “_equal partnership_”. Prinsip ini mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia berjalan beriringan dengan kaum laki-laki untuk bersama-sama berperan membangun bangsa,” tambah Diana.

Terakhir, Diana mengajak semua perempuan untuk terus berkarya dan terus meningkatkan kualitas serta kapabilitas diri.

“Selamat Hari Ibu ke-94 Tahun 2022, mari terus berkarya menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri serta terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri sehingga bisa menjadi kekuatan yang besar menyejahterakan semua. Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju!” tandas Diana.

Selepas upacara, dilakukan Pelepasan CPNS Kementerian PUPR yang tergabung dalam Satuan Tugas Pasca Bencana Gempa di Cianjur Tahap I sebanyak 50 orang. Para CPNS tersebut akan melaksanakan pendampingan teknis rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa di Cianjur. (*)

Editor  : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan