Penghargaan PUPR, Wujud Apresiasi Kolaborasi Pembangunan Infrastruktur

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya pada peringatan Hari Bakti (Harbak) PU ke-74 tahun 2019 mengatakan, diperlukan sinergi semua pihak mulai dari mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, BUMN, dan mitra swasta, baik yang bergerak di bidang konstruksi maupun pembiayaan untuk mencapai target pembangunan.

Sebagai wujud apresiasi atas kolaborasi seluruh pemangku kepentingan terkait yang telah berjalan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan penghargaan kepada seluruh mitra kerja PUPR. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Upacara Harbak PU ke-74 di Lapangan Sapta Taruna, Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

“Lewat keterlibatan Kepolisian, Kejaksaan, Mitra kerja dan pihak lainnya selama ini turut membantu pelaksanaan pembangunan infrastruktur. Ini merupakan sinergi yang harus terus dilanjutkan dan ini bisa kita bina terus ke depan untuk membantu pelaksanaan tugas Kementerian PUPR,” kata Menteri Basuki.

Daftar penghargaan yang diberikan dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti. Penghargaan yang diberikan kepada pihak Kepolisian yakni terkait dukungan percepatan pembebasan lahan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung untuk Kapolda Lampung Irjen. Pol. Purwadi Arianto dan Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda Lampung Kombes Pol. Prabowo Santoso.

Penghargaan juga diberikan atas keberhasilan mengungkap kejahatan bidang perumahan mafia apartemen fiktif kepada Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Gatot Eddy Pramono dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol. Suyudi Ario Seto. Selain itu penghargaan juga diberikan atas keberhasilan mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan terhadap pegawai Kementerian PUPR kepada Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi.

Penghargaan atas kolaborasi pembangunan infrastruktur juga diberikan kepada pihak Kejaksaan atas bantuan penyelesaian masalah hukum dan pendampingan percepatan pembangunan infrastruktur PUPR. Penghargaan diberikan kepada Jaksa Agung Muda Intelijen (JAMINTEL) Jan S. Maringka, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Barat Raja Nafrizal, Kajati Sulawesi Selatan Firdaus Dewilmar, dan Kajati Sulawesi Utara Andi Muh Iqbal Arief.

Selanjutnya juga diberikan penghargaan pengelolaan jalan tol terbaik kepada PT Jasa Marga Tbk, untuk ruas Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo Jabodetabek, penghargaan pengelolaan rest area TIPE A terbaik diberikan kepada PT Lingga Jati Rest Area KM 429 A Ruas Tol Semarang-Solo, penghargaan pengelolaan rest area TIPE B terbaik diberikan kepada PT Marga Harjaya Infrastruktur Rest Area KM 678 B Ruas Tol Kertosono-Mojokerto, penghargaan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) terbaik diberikan kepada PT. Adhi Karya, Tbk. Lalu Penghargaan Atas Prestasi Menerbitkan IMB dalam waktu 6 jam tanpa dipungut biaya dalam mendukung Program Sejuta Rumah diberikan kepada Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, serta penghargaan atas prestasi membangun rumah bersubsidi skala besar dengan fasilitas setara perumahan komersial dalam mendukung Program Sejuta Rumah diberikan kepada CEO Delta Group Harry Endang
Kawidjaja.

Dalam acara tersebut, Presiden melalui Keppres No. 128/TK/2019 telah menganugerahkan tanda kehormatan Satya Lencana Kebaktian Sosial kepada insinyur muda Kementerian PUPR yang berperan dalam membangun rumah tahan gempa pasca bencana gempa bumi di NTB. Penghargaan ini diterima secara simbolis oleh Achmad Gani Ghazali Akman sebagai Ketua Satgas Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana NTB.

Momen Hari Bakti juga bertambah spesial dengan terpilihnya Iwan Suprijanto, Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP), Direktorat Jenderal Cipta Karya menjadi Top 3 Pejabat Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan Anugerah ASN 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan juga diberikan kepada pegawai teladan dan pegawai berprestasi serta mitra kerja Kementerian PUPR, diantaranya diberikan kepada La Hanafi, salah satu pegawai PUPR yang terkena panah saat sedang melaksanakan tugas pembangunan Jalan Trans Papua serta penghargaan Adi Prayoga kepada Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III Samarinda Anang Muchlis yang telah berinisiatif tinggi untuk mencari sumber-sumber air untuk persiapan pemindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur. (*)

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan