Spread the love

Pekerjaan Erection Girder Overpass Kedawung Barat-Proyek Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di Km 368+100 Jalan Tol Batang-Semarang Dimulai 26 Oktober 2021.

PT JSB Dengan Diskresi Kepolisian Lakukan Pengaturan Lalu Lintas Guna Memastikan Keamanan Pengguna Jalan.

Semarang, BeritaRayaOnline,- Dalam rangka lanjutan pekerjaan Erection Girder yang dilaksanakan di Proyek Paket I.2 Pembangunan Jalan KIT Batang oleh WIKA YASA KSO bersama dengan Direktorat Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DIY, PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku pengelola Jalan Tol Batang-Semarang mengantisipasi pengamanan dan pengaturan lalu lintas di lokasi pekerjaan, tepatnya di Km 368+100 Jalan Tol Batang-Semarang pada kedua arahnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kawasan Industri Batang I Nugraha menjelaskan, pekerjaan Erection Girder Proyek Paket 1.2 Pembangunan Jalan KIT Batang yang semula dilaksanakan pada hari Senin (25/10) diundur satu hari pelaksanaannya, sehingga pekerjaan baru akan dimulai pada hari Selasa (26/10).

“Pekerjaan dilakukan secara bertahap pada hari Selasa, 26 Oktober 2021, hingga Kamis, 4 November 2021, pada periode window time yaitu pukul 23.00 WIB s.d pukul 04.00 WIB. Periode pekerjaan selama tujuh hari, pada hari Senin s.d Kamis, dan tidak dilaksanakan pada periode akhir pekan (hari Jumat s.d Minggu),” ujar Nugraha.

“Karena lokasi pekerjaan Erection Girder dengan bentang 50,8 meter ini berada melintang jalur jalan tol, kami berkoordinasi dengan PT JSB dan atas diskresi Kepolisian akan melakukan pengaturan lalu lintas dengan skema buka tutup lajur secara situasional. Dalam skema buka tutup lajur tersebut, maksimal durasi tutup adalah selama 35 menit yang dilakukan di Km 363+000 jalur arah Semarang dan Km 375+200 jalur arah Batang. Dalam satu hari akan dilakukan dua kali skema buka tutup lajur untuk dua periode erection girder yang berlangsung dalam window time tersebut,”tambahnya.

Direktur Utama PT JSB Prajudi menjelaskan, tidak ada penutupan di Jalan Tol Batang-Semarang atas pelaksanaan pekerjaan. Kedua arah beroperasi dengan normal. PT JSB bersama Direktorat Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DIY dan WIKA-YASA KSO sebagai kontraktor pekerjaan ini telah melakukan persiapan dan mitigasi risiko terhadap rencana pekerjaan serta terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan, khususnya yang akan melintasi lokasi pekerjaan tersebut.

PT JSB juga telah menyiapkan mitigasi risiko apabila terjadi kepadatan lalu lintas di antaranya pengalihan arus lalu lintas melalui Gerbang Tol (GT) terdekat yaitu GT Kandeman (untuk pengguna dari arah Batang menuju Semarang) dan GT Weleri (untuk pengguna dari arah Semarang menuju Batang).

Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan Direktorat Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DIY bersama dengan WIKA-YASA KSO melakukan sosialisasi rencana pekerjaan melalui media sosial, media massa, memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan serta Variable Messsage Sign (VMS) di Jalan Tol Batang-Semarang pada kedua arahnya.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut. Kami imbau kepada pengguna jalan agar dapat mengatur waktu perjalanan, tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di sekitar lokasi pekerjaan, mengecek kondisi lalu lintas perjalanan melalui aplikasi Travoy 3.0 atau peta perjalanan digital lainnya jika diperlukan,” tutup Prajudi.

Informasi lalu lintas di seputar jalan tol juga dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080 atau Call Center PT JSB di nomor 082129129229.(***)

Editor   : Lasman Simanjuntak

 

Tinggalkan Balasan