Spread the love

Teks Foto : Ketua Penyelenggara Peluncuran Buku Siswa dan Guru Julia Basri sedang beraudiensi dengam Diki Lukman Hakim, S.Sos, M.M. , Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan PDS HB Jassin (foto/ HS)

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Sekurangnya 200-an orang pegiat literasi dari berbagai sekolah di Indonesia akan hadir dan meramaikan acara peluncuran Buku Siswa dan Guru bersama tokoh nasional.

Demikian disampaikan Yuliyanti Basri, SE, M.Sc Ketua Penyelenggara acara peluncuran Buku Siswa dan Guru Bersama tokoh nasional, Kamis, 17 Agustus 2023, di Jakarta.

Menurut Julia Basri, sapaan akrab Yuliyanti Basri, acara tersebut mendapat dukungan penuh dari Badan Bahasa Kemendikbud Ristek, DISPUSIP (Dinas Perpustakaan/ Kearsipan Jakarta/ Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, dan sejumlah tokoh sastrawan serta seniman.

Sebelum hari penyelenggaraan tiba, Julia Basri dan timnya telah melakulan audiensi dengan para pejabat dan tokoh terkait, antara lain  Diki Lukman Hakim, S.Sos, M.M. , Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan, PDS. HB Jassin.

“Kami didukung penuh oleh Kepala Badan Bahasa Kemendikbud Ristek, dan Kepala DISPUSIP Jakarta. Mereka menyatakan siap hadir untuk membuka acara dan memberikan sambutan dan kata motivasi kepada para peserta siswa dan guru dari berbagai daerah, ” tegas Julia Basri.

Kepada para kepala sekolah, guru, dan siswa yang berprestasi di bidang literasi ini akan diberikan penghargaan dengan predikat Kepala Sekolah Motivator Literasi Nasional, Guru Berdedikasi Literasi Nasional, dan Siswa Bertalenta Literasi Nasional.

Acara yang diselenggarakan oleh JoB Organizer ini akan dimeriahkan dengan talk show literasi bertema “Berani Berkarya, Kembangkan Talenta,” dengan pembicara Sastrawan yang dikenal  Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bachri.

Kemudian Novelis/Penulis Best Seller yang sedang naik daun,  Maman Suherman, Seniwati yang juga Bunda Literasi Provinsi Bali Ni Putu Putu Putri Suastini Koster, dan Penggerak Literasi/Pegiat Seni Yuliyanti Basri sendiri yang juga akan tampil sebagai pembicara.

Para pegiat literasi dari berbagai daerah yang sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir dari Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jambi, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan dari daerah lainnya.

Masing-masing utusan sekolah terdiri atas tiga sampai belasan orang siswa, guru, dan kepala sekolah.

Di samping membawa buku karya mereka yang akan diserahkan kepada pihak DISPUSIP/PDS. HB Jassin-untuk memeriahkan acara-sebagian siswa dan guru juga akan menampilkan kesenian daerah masing-masing.

Menurut Julia Basri, pada acara tersebut, akan diluncurkan sejumlah buku karya siswa dan guru, serta buku berjudul “Apa&Siapa Pegiat Literasi Sekolah Nasional” edisi perdana.

Buku setebal 200 halaman ini akan memuat profil singkat 100-an pegiat literasi sekolah nasional .

“Karena keterbatasan waktu pengumpulan data, untuk sementara pada edisi perdana ini kami hanya memuat seratusan orang pegiat literasi dari berbagai sekolah yang sempat mengirimkan datanya. Ke depannya kami berharap dapat memberi waktu lebih panjang kepada peserta dan panitia sehingga lebih banyak lagi peserta yang akan terdata di buku ini, ” ungkap Juli Basri.

Dia berharap, melalui acara ini akan lebih banyak lagi siswa dan guru sekolah di seluruh pelosok tanah air yang terinspirasi menulis buku.

“Sehingga dapat melahirkan karya puisi, cerpen, novel, atau karya sastra dan ilmiah populer lainnya,” pungkas wanita pendidik, penulis, dan penggerak literasi nasional ini.(**/HS)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan