Pelayanan,Perlawatan,dan Misi Penginjilan Harus Berdasarkan Kasih Yesus

Jakarta,BeritaRayaOnline,- “Semua pelayanan, perlawatan, dan penginjilan, yang kita lakukan sebagai pelayan jemaat, harus berdasarkan dan berlandaskan pada Kasih Tuhan Yesus Kristus,” jawab Pdt.Jacky Runtu, Sekretaris Jemaat Konference DKI Jakarta & sekitarnya atas pertanyaan BeritaRayaOnline seputar pelayanan gereja, perlawatan, dan misi penginjilan di GMAHK (Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh) Jatinegara,  Jakarta, pada Sabat (Sabtu siang, 20/10/2018).

Ketika ditanya seputar rencana program  up- date keanggotaan  gereja melalui pekerjaaan Departemen Sekretaris di gereja, Pdt.Jacky Runtu mengatakan dengan tegas, bila ada seorang anggota gereja (dibaptis dan tercatat-red) berpuluh-puluh tahun tak pernah datang ke gereja, tak menyerahkan perpuluhan, ataupun tak pernah melayani,  lalu meninggal dunia.

“Bila ada permintaan dari keluarga untuk melayani atas kematian anggota yang telah lama ‘hilang’ ini, ya, kita harus tetap melayani baik di rumah duka maupun tempat pemakaman.Ini semua kita lakukan karena pelayanan kasih yaitu pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus Kristus,” jelasnya.

Pdt.Jacky Runtu lalu mengajak BeritaRayaOnline untuk membaca Firman Tuhan dalam Kolose 3:23 yang berkata,” Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan, dan bukan untuk manusia.”

Begitu pula- dalam hal perlawatan kepada anggota gereja- yang selalu “hati keras” tak mau beribadah ke gereja, terutama pada Hari Sabat (Sabtu-red).

“Bila berkali-kali sudah dilawat, tetap tak mau ke gereja, itu juga tetap kita lakukan pelayanan kasih,” kilahnya seraya kembali mengutip Firman Tuhan dalam Matius 25 : 40, 45.

Ditanya lagi oleh BeritaRayaOnline bagaimana soal pelayanan penginjilan.Semisal, ada tamu non advent di Care Group/KPA sudah bertahun-tahun mendapat pelajaran Alkitab (bahkan 28 Doktrin Gereja Advent-red).Namun, orang non advent ini tetap tak mau bertobat, dan tak mau menerima Yesus Kristus dan Kebenaran-NYA dalam sebuah Baptisan Kudus.Apa yang harus kita lakukan?

“Kalau dia tak mau juga bertobat, dia bukan menolak saya.Tetapi, menolak Roh Kudus.Bila sudah menolak Roh Kudus, tak diampuni, dan tak memperoleh keselamatan,” kata Pdt.Jacky Runtu seraya mengingatkan bahwa urusan pertobatan adalah pekerjaan Roh Kudus.

“Tugas kita hanya memberitakan Injil, untuk pertobatan melalui baptisan kudus, ini merupakan pekerjaan Roh Kudus,” ujarnya mengutip Firman Tuhan dalam 1 Korintus 1 : 17, ” Sebab Kristus mengutus aku  bukan untuk membaptis, tetapi untuk memberitakan Injil, dan itupun bukan dengan hikmat perkataan, supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia.”

Terakhir, Pdt.Jacky Runtu dan BeritaRayaOnline, kembali sama-sama membaca Firman Tuhan dalam Yohanes 16:8 “Dan kalau Ia datang.Ia akan menginsyafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman.”

Sementara itu pendeta “senior” yang telah melayani sebagai gembala kurang lebih 40 tahun, yakni Pdt.Barnabas (72 tahun)  kepada BeritaRayaOnline berpesan dalam pelayanan pekerjaan Tuhan baik di rumah, lingkungan pekerjaan, khususnya di gereja , kita harus banyak berdoa, supaya ada persatuan dan kesatuan.

“Dalam pelayanan memang banyak tantangan, kritikan,  penderitaan,  dan kesengsaraan. Namun, kata kuncinya hanya berdoa, tetapi harus berdoa dengan iman,” kilah Pdt.Barnabas sembari mengutip Firman Tuhan dalam Yakobus 1: 6-8.

“Dalam melalukan pekerjaan Tuhan baik pelayanan, perlawatan, dan misi penginjilan, kerja keras kita tak akan sia-sia,” katanya kembali BeritaRayaOnline disuruh membaca 1 Korintus 15:58 dan Ibrani 11:16.

Tuhan memberkati.

Editor : Lasman Simanjuntak/Ketua Jemaat GMAHK Jatinegara

 

 

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan