Spread the love

Surabaya, BeritaRayaOnline,-Dalam kunjungannya ke Provinsi Jawa Timur, Jumat (10/11/2023), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Jokowi menghadiri Opening Ceremony FIFA U-17 World Cup 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya yang sudah direnovasi Kementerian PUPR.

Menteri Basuki mengatakan, tim FIFA telah melaksanakan inspeksi pada Agustus 2023 lalu di 4 (empat) Stadion di kota-kota yang menjadi venues FIFA U-17 World Cup 2023, yaitu Jakarta, Bandung, Surakarta dan Surabaya.

“Kementerian PUPR telah melaksanakan Renovasi Lapangan Pertandingan dan Lapangan Latihan dalam Rangka Piala Dunia U-17 Tahun 2023 yang dimulai pada tanggal 15 September 2023. Saat ini renovasinya sudah selesai semua dan siap digunakan untuk FIFA U-17 World Cup,” jelas Menteri Basuki.

Setelah konstruksi selesai, pekerjaan diserahkan kepada LOC dan FIFA pada tanggal 28 Oktober 2023 lalu sebagai persiapan akhir pelaksanaan
Piala Dunia FIFA U-17.

Renovasi lapangan pertandingan dan lapangan latihan tersebut dilaksanakan mulai September 2023 dengan nilai kontrak sebesar Rp96,7 miliar yang bersumber dari APBN TA 2023. Adapun kontraktor pelaksananya dari PT Nindya Karya. Selain itu, dilakukan pula paket manajemen konstruksi senilai Rp1,2 miliar dengan penyedia jasa PT Virama Karya.

Renovasi dilakukan pada Lapangan Banteng – Jakarta Pusat, GOR Soemantri Brodjonegoro – Jakarta
Selatan, Stadion Manahan dan Stadion Universitas Sebelas Maret – Surakarta, Lapangan Sepak Bola Desa Blulukan – Karanganyar, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Arcamanik, dan Lapangan Sepak Bola Saraga ITB – Bandung, serta Stadion Gelora Bung Tomo – Surabaya.

Kepala BPPW Jawa Timur Muhammad Reva mengatakan, untuk Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Jawa Timur per 20 Oktober 2023 telah tuntas seluruhnya 100%. Adapun lingkup pekerjaannya meliputi penambahan vinyl anti slip area kering dan basah, pembuatan lubang jalur kabel, pembongkaran kursi tribun media, pemasangan dinding dan instalasi listrik serta penerangan di LED Storage, perbaikan lantai platform kamera high behind goal right, pengecatan area VVIP, penggantian kulit sintetis kursi VVIP, perbaikan pintu ruang VVIP, dan pekerjaan pemasangan anti slip karet anak tangga Tribun VVIP.

“Dilakukan pula pekerjaan dinding partisi tangga area broadcast compound, perbaikan penutup atap tribun, pekerjaan jendela ruang infotainment, pekerjaan pemasangan sandblast pintu Ruang VVIP dan Mixed Zone, dan pekerjaan pemasangan wallfoam plafond area VVIP,” tutup Reva.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Essy Asiah, Kepala BBWS Brantas Hendra Ahyadi, Kepala BBPJN Jawa Timur – Bali Rakhman Taufik, dan Kepala BPPW Jawa Timur Muhammad Reva. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan