Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Setelah beribadah di bulan Ramadan, akhirnya umat muslim mencapai momen Idulfitri yang dimaknai
sebagai hari kemenangan.

Perayaan tersebut juga diikuti antusiasme untuk dapat mempererat silaturahmi dengan
keluarga dan kerabat terdekat, yang antara lain diwujudkan dalam perjalanan mudik ke kampung halaman.

Astra Infra sebagai penyedia layanan infrastruktur publik, khususnya jalan tol, senantiasa berkomitmen mendukung pemerintah menyukseskan momen penting tersebut.

Berkat upaya dari berbagai pihak, Menteri Perhubungan menyatakan arus mudik lebaran tahun ini dapat berjalan baik.

“Astra Infra mengapresiasi koordinasi dari seluruh stakeholders dalam mengupayakan kelancaran lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan selama arus mudik lebaran. Kami akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kami di arus balik lebaran, sehingga masyarakat bisa menikmati momen lebaran dengan lebih nyaman, aman, dan
menyenangkan. ” ujar Ketua Gugus Tugas Lebaran Astra Infra Group, Rinaldi.

Pada arus mudik yang berlangsung sejak 31 Maret hingga 10 April 2024, tercatat sekitar 2,8 juta kendaraan melintasi
tol Astra Infra.

Adapun di ruas Tol Tangerang–Merak, pada 31 Maret hingga 10 April 2024, tercatat sekitar 1,5 juta kendaraan melintas, dengan puncak arus terjadi pada 5 April 2024 dengan total 176 ribu kendaraan melintas.

Upaya pelayanan terbaik telah dilakukan Astra Infra bersama Kepolisian efektif mengurai kepadatan menuju Pelabuhan Merak, yang sempat terjadi pada hari puncak arus mudik. Adapun pada hari H lebaran, 10 April 2024, tercatat 113 ribu kendaraan melintasi ruas tol Tangerang – Merak.

Sementara itu, di Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan, mencatat sekitar 977 ribu kendaraan melintas pada periode 31 Maret sampai dengan 10 April 2024, dengan puncak arus terjadi pada 6 April 2024 dengan jumlah sekitar 134 ribu kendaraan melintas.

Adapun pada hari H lebaran, 10 April 2024, tercatat 93 ribu kendaraan melintasi ruas tol
Cikopo – Palimanan. Pada 10 April 2024, diterapkan rekayasa lalu lintas contra flow pada KM 87 – 104 pada pukul 21.56 WIB yang berlangsung hingga 11 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk mengurai kepadatan yang sempat terjadi.

Adapun di Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto, tercatat sekitar 458 ribu kendaraan melintas mulai dari H-10 Lebaran hingga hari-H Lebaran, dengan puncak arus terjadi pada 10 April 2024, dengan total 61 ribu kendaraan
melintasi ruas tol tersebut. Kondisi lalu lintas di Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto hingga 10 April 2024 pun terpantau ramai dan lancar sepanjang arus mudik lebaran.

Menyambut kembalinya masyarakat selepas mudik lebaran, Astra Infra telah mempersiapkan kesiapan infrastruktur
jalan, penyiagaan lebih dari 1300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulance, kesiapan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas. Astra Infra juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri.

Beberapa evaluasi yang terjadi sepanjang arus mudik, juga akan menjadi rencana peningkatan layanan pada periode arus balik.

Sebagai bagian evaluasi tersebut, pada 9 April 2024 Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Rest Area KM 166 A Tol dan Command Center KM 188 Tol Cipali, untuk melakukan evaluasi sekaligus meninjau kesiapan menghadapi arus balik.

Selain itu, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin juga melakukan kunjungan ke Rest Area KM 102 Tol Cipali, dengan agenda pengecekan posko kesehatan untuk memastikan pelayanan kesehatan
kepada pemudik berjalan dengan baik.

Untuk mencegah terjadinya kepadatan, Astra Infra mengimbau pemudik dapat menghindari tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus untuk melakukan perjalanan, yaitu pada 14 – 15 April 2024, sesuai prediksi dari Korlantas Polri.
Dalam rangka melakukan distribusi arus lalu lintas, Astra Infra juga menerapkan diskon tarif tol sebesar 20% selama
arus balik lebaran, yang berlaku pada pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul
05.00 WIB (2 x 24 jam).

Diskon berlaku bagi seluruh golongan kendaraan, yang melintasi Tol Tangerang – Merak, Cikopo – Palimanan, dan Jombang – Mojokerto secara menerus (gate to gate) dan untuk transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo cukup.
Bersama kepolisian, Astra Infra juga telah merencanakan penerapan rekayasa lalu lintas one way di ruas tol Cipali yang akan diterapkan pada Jumat, 12 April 2024 pukul 08.00 s.d 24.00 WIB, Sabtu, 13 April 2024 pukul 08.00 s.d.
24.00 WIB, dan Minggu 14 April 2024 pukul 14.00 s.d Selasa 16 April 2024 pukul 08.00 WIB.

Penerapan rekayasa lalu lintas bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian. Ketika menggunakan jalur contra flow / one way, pengguna jalan tol diimbau untuk dapat tetap memperhatikan batas kecepatan di jalan tol luar kota 100 km/jam, menjaga batas jarak aman dengan kendaraan lain, dan menepi ke sisi paling kiri jalan dan menghubungi petugas jika terdapat kendala dalam perjalanan.

Astra Infra juga mengimbau pengguna jalan tol untuk selalu mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan kendaraan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut.
Pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area.

Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa
tambahan biaya.

Hal tersebut tentunya dilakukan untuk mendukung dan menciptakan perjalanan yang menyenangkan, aman serta nyaman bagi para pengguna jalan tol dalam perjalanannya bersilaturahmi maupun berlibur bersama keluarga.

Melalui berbagai upaya dan kerjasama dari berbagai pihak, jalan tol bukan hanya sekadar jalur transportasi, tetapi juga berperan sebagai penyambung silaturahmi dan memberikan makna tersendiri di bulan yang suci ini.(**/Press Rilis)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan