Momon Rusmono : Begitu Lulus Polbangtan, Harus Bercita-Cita Menjadi Job Creator

Jakarta,BeritaRayaOnline,- Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian, Momon Rusmono minta kepada para mahasiswa/i Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) setelah lulus nanti jangan hanya  bercita-cinta menjadi Pegawai Negeri sipil (PNS), tetapi bagaimana bisa menciptakan lapangan kerja baru atau job creator.

“Begitu lulus, jangan bercita-cita mau menjadi PNS, tetapi job creator, bagaimana menciptakan lapangan kerja baru.Persiapan ini sudah bisa dimulai ketika memasuki semester tujuh,” pinta Momon Rusmono dihadapan Badan Eksektutif Mahasiswa (BEM) Polbantan Bogor, saat memberikan kata sambutan usai menerima donasi untuk korban Gempa dan Tsunami  di palu, Sigi, dan Donggala, Provinsi  Sulteng, di Jakarta  Rabu (10/10/2018).

Dikatakannya lagi, meskipun berupa pendidikan kedinasan di bawah Kementerian Pertanian, lulusan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), ke depannya nanti, bukan menghasilkan para pakar (bidang pertanian-red), tetapi menghasilkan para cendekiawan.

“Mungkin dari segi kepintaran, kita sedikit kalah. Tapi, silahkan taruh dilapangan, lulusan kami (Polbangtan) jauh lebih kuat (tangguh). Inilah kelebihan kita yang harus ditanamkan. Ada empat prinsip pendidikan mengacu pada United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yaitu how to know (berorientasi pada peningkatan kemampuan intelegensia), how to do (berorientasi pada keterampilan/keahlian), how to be (berorientasi pada perilaku/attitude) dan how to live together (berorientasi pada hidup bersama antar manusia, lingkungan dan sosial),” kata Momon Rusmono.

Oleh karena itu, lanjut Momon Rusmono,  Polbangtan sebagai sekolah pendidikan kedinasan, tidak hanya menghasilkan anak yang pintar pengetahuan tetapi juga pintar keterampilan dan attitude-nya baik.

“Proses pembelajaran di Polbangtan, tidak hanya berorientasi pada how to know. Konsentrasi kita pada how to do, how to be dan how to live together.Pencetakan profil lulusan Polbangtan nantinya bukanlah menghasilkan pakar tetapi lebih kepada cendikiawan. Sebab cendikiawan itu paham betul kondisi sosial,” tegasnya.

Karenanya, salah satu cara pembentukan job creator di Polbangtan adalah melalui agrosocialpreneur. Tujuan Polbangtan adalah untuk menumbuhkan wirausaha muda atau job creator di sektor pertanian.

“Jangan ada cita-cita menjadi pegawai negeri. Begitu lulus, harus bercita-cita menjadi job creator,” pesannya lagi.

Meskipun begitu, pihaknya juga menyiapkan mahasiswa Polbangtan menjadi tenaga ahli pertanian di level perusahaan-perusahaan swasta. “Kita sudah kerjasama dan untuk mahasiswa semester 7 sudah kita pilihkan,” pungkas Momon. (*/tabloidsinartani.com/bro-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan