Spread the love

Penajam Paser Utara,BeritaRayaOnline,-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menyambut kedatangan para peserta Nusantara Sail 2023 di kawasan Jembatan Pulau Balang, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/09/2023). Sebelumnya pada 9 September 2023 lalu, Menteri Basuki telah melepas keberangkatan para peserta yang berlayar dari Pantai Ancol, Jakarta hingga ke IKN Nusantara.

Nusantara Sail merupakan kegiatan berlayar nasional yang diinisiasi oleh Kementerian PUPR guna mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan menjadi poros negara Indonesia sebagai negara maritim sekaligus bagian dari Road to World Water Forum Ke-10 di Bali 2024 dan Perayaan Hari Maritim Ke-59.

Menteri Basuki mengatakan, perhelatan Nusantara Sail tahun 2023 merupakan agenda perdana yang diharapkan dapat terus terlaksana pada tahun-tahun berikutnya. Kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran bersama dalam melestarikan laut dan mempromosikan budaya berlayar sebagai identitas Bangsa Indonesia sebagai negara maritim.

“Terima kasih banyak telah berpartisipasi dalam Nusantara Sail 2023 yang berjalan dengan lancar tanpa ada insiden. Hati-hati saat kembali ke negara asal dan sampai jumpa lagi pada tahun berikutnya dengan jumlah kapal yang lebih banyak lagi,” kata Menteri Basuki.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi Kementerian PUPR yang telah menginisiasi Nusantara Sail 2023. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan visi misi Presiden Jokowi untuk memperkenalkan IKN Nusantara.

“Kita semua bercita-cita menjadikan Nusantara sebagai contoh kota di Indonesia, Pak Basuki adalah leader disini dan kami tentu akan mendukung dan melengkapi. Mari kita bersama melakukan berbagai upaya agar visi-misi Presiden dapat menjadi nyata. Terima kasih untuk para pelaut, sampai jumpa lagi,” sambut Menteri Budi Karya Sumadi (BKS).

Ketua Panitia Pelaksana Nusantara Sail 2023 sekaligus Direktur Pembangunan Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Wida Nurfaida mengatakan, kegiatan Nusantara Sail 2023 juga sebagai ajang yang mempertemukan para pelaut Nusantara yang menggunakan kapal tradisional bersejarah dengan pelaut internasional dari berbagai negara.

“Nusantara Sail 2023 juga memiliki misi pengenalan sosial budaya. Melalui talkshow Meet The Nusantara Sailor, kami ingin mengangkat cerita sejarah para pelaut Indonesia yang juga merefleksikan semangat membangun Nusantara. Setelahnya, para pelaut akan menuju Titik Nol Nusantara untuk menanam pohon endemik yang berasal dari seluruh Indonesia bersama dengan Generasi Muda PUPR,” kata Wida Nurfaida.

Salah seorang pelaut dari Amerika Serikat, William mengaku senang atas pengalaman berlayarnya di lautan Nusantara. “Ini merupakan pengalaman berlayar terbaik yang pernah kami alami. Kepulauan dan lautan yang indah, sambutan masyarakat yang sangat ramah, kami diperlakukan dengan sangat baik disini,” tandas William.

Turut hadir dalam kegiatan, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Rachman Arief dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan