Spread the love

20160728_101417Jakarta,BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan sampai hari ini tak ada impor bawang merah, bahkan harga di tingkat petani Rp 15 ribu/kg sampai Rp 17 ribu/kg  dinilai cukup stabil.

“Ini yang menarik kita tak lagi impor bawang merah, harga juga stabil,” ujarnya kepada wartawan usai rapat dan memberikan arahan tentang grand design pembangunan pertanian ke depan di Kantor Ditjen Hortikultura, Kementerian Pertanian, di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2016).

“Ekspor bawang merah naik 90 persen (2015), dan impor turun 77 persen.Dua sampai tiga minggu ke depan kita akan ekspor sebanyak-banyaknya.Nilai ekspor harus lebih tinggi dari tahun lalu,” katanya didampingi Dirjen Hortikultura Spudnik Sudjono.

Menurut Mentan Andi Amran Sulaiman produksi bawang merah sampai Agustus 2016 mengalami surplus sebesar 33 ribu ton dengan harga di tingkat petani Rp 15 ribu/kg sampai Rp 17 ribu/kg, sedangkan harga di pasar di kota-kota besar masih mencapai Rp 31 ribu/kg sampai Rp 33 ribu/kg.

“Harga bawang merah di kota masih tinggi, nanti kami akan rapat koordinasi dengan Menteri Perdagangan yang baru,” janjinya.

Setelah di Ditjen Hortikultura, Mentan Andi Amran Sulaiman juga rapat dan memberikan pengarahan di Ditjen Tanaman Pangan dan Ditjen Perkebunan.(Bro-1)

Fotografer by : Lasman Simanjuntak

Editor               : Pulo Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan