Spread the love

IMG-20160525-WA0003Karawang, BeritaRayaOnline,-Pekan Peramalan OPT 2016 tingkat nasional dilangsungkan di Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan Jatisari Kab. Karawang.

Pekan POPT berlangsung dari 23 hingga 28 Mei 2016. Pekan POPT 2016 diikuti 3000 peserta dan 40 stand pameran dari seluruh Indonesia.

IMG-20160525-WA0001Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam arahannya sangat mengapresiasi OPT 2016. Hal tersebut dinyatakan Mentan karena beliau juga peneliti hama.

Khusus Kepala Balai Besar POPT Jatisari Ir. Sarsito Wahono Gaib Subroto, MM Mentan  Andi Amran menyebut Kepala Balai Besar POPT adalah salah satu pejabat yang sangat profesional, dikenal jauh sebelum Andi Amran menjadi Menteri Pertanian.

IMG-20160525-WA0007Mentan juga sangat mengapresiasi kegiatan selama Pekan POPT dan
minta Dirjen Tanaman Pangan Hasil Sembiring menambah hadiah juara I lomba kelompok dan perorangan dari provinsi dan kabupaten masing-masing 6 juta rupiah dan 1 Unit combine harvester.

“Peningkatan jumlah hadiah juga harus diikuti peningkatan prestasi ,” pesan Mentan Andi Amran Sulaiman.

“Petugas POPT di seluruh Indonesia apakah sanggup menekan serangan OPTI tahun 2016 hanya 1 % ,” tanya Mentan.

Dijawab serempak sanggup. Mentan lalu mengacungkan jempol untuk seluruh peserta.

Mentan dalam kesempatan tersebut juga mengunjungi stand pameran POPT dan terkagum melihat teknologi sawah apung dan  kembali minta juga  kepada Dirjen Tanaman Pangan  Hasil Sembiring untuk mengembangkan sawah apung di lahan rawa seluruh Indonesia.Sawah apung sesuai untuk lahan rawa serta budidaya ikan.

Mentan Andi Amran Sulaiman juga sempat berbincang dengan peneliti padi dari BPTP Sumatera Barat yang mengembangkan teknologi salibu. Mentan tertarik karena teknologi salibu hemat benih dan biaya pengolahan tanah.Mentan menantang peneliti salibu untuk  bisa mengembangkan di seluruh Indonesia.

Akhir dari arahan dan kunjungan Menteri Pertanian di Pekan POPT Tahun 2016,Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman minta Dirjen Tanaman Pangan Hasil Sembiring untuk menerbitkan SK. baru untuk Ir. Sarsito Wahono Gaib Subroto, MM, berhubung Kepala Balai Besar POPT akan pensiun terhitung. 07-06-2016.

(***/siaran pers/humas dan ip kementerian pertanian/lasman simanjuntak)

Tinggalkan Balasan