Spread the love
Ayam potong 2

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Pemerintah telah mengutus 15 perusahaan swasta yang bergerak di bidang pemotongan ayam untuk melakukan operasi pasar daging ayam broiler di sejumlah pasar. Pemerintah menjamin keamanan selama berlangsungnya operasi pasar.

Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia (CPIN) Tbk Jemmy Wijaya mengaku, sempat khawatir ketika mendapat perintah melakukan operasi pasar di beberapa lokasi pasar besar.

“Nanti saya bisa dimarahi pedagang, pak,” ujar Jemmy, ditemui di Jalan Bangun Nusa Raya Nomor 16, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (2/6/2016).

Ayam potong 1

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menenangkan kekhawatiran Jemmy. Disampaikan Amran, pihak swasta tidak perlu khawatir terkait kemanan ketika melakukan operasi pasar di pasar-pasar besar karena berhadapan langsung dengan pedagang.

“Nanti kita akan berkoordinasi dengan pihak keamanan,” kata Amran, ditemui di lokasi yang sama.

Melalui operasi pasar, diharapkan masyarakat bisa memeroleh kebutuhan pokok menjelang Ramadan dan Lebaran dengan harga yang wajar, dan pedagang pun memeroleh keuntungan yang cukup.

“Kita ingin produsen untung, pedagang untung, konsumen senang,” ucap Amran.

Satu di antara 15 perusahaan tersebut melakukan operasi pasar daging ayam broiler sejak kemarin, yakni PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Harga daging ayam per ekor dijual Rp30 ribu.

“Kita ingin menjaga harga di kisaran Rp30 ribu hingga Rp32.500 per ekor. Jangan di bawah Rp30 ribu. Nanti produsennya yang berteriak,” tutur Amran.

Mentan Sidak Operasi Pasar Daging Ayam
Ayam potong 5

Sementara itu Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap operasi pasar daging ayam broiler yang digelar PT Charoen Pokphand Indonesia (CPIN) Tbk.

“Kita ingin melihat apakah mereka melakukan operasi pasar seperti yang dikatakan kemarin,” ujar Amran, saat ditemui di Jalan Bangun Nusa Raya Nomor 16, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (2/6/2016).

Ayam potong 4

Berdasarkan pantauan di lapangan, perseroan melepas stok daging ayam broiler melalui toko Prima Freshmart dengan harga Rp30 ribu per ekor. Stok daging ayam yang dilepas sekitar 500 ekor. Lokasinya berada di belakang Pasar Cengkareng.

Melalui operasi pasar ini, diharapkan akan berpengaruh dalam menurunkan harga daging ayam menjelang Ramadan dan Lebaran. Diketahui, PT CPIN telah melakukan operasi pasar sejak kemarin.

“Harga dalam pasar (Pasar Cengkareng) Rp30 ribu sampai Rp34 ribu per ekor. Operasi pasar sekarang ini harga ayam Rp30 ribu per ekor. Ini komitmen kita. Operasi pasar akan dilakukan sampai H+6 Idul Fitri,” ucap Amran menjelaskan.

Selain Charoen Pokphand, menurut Amran, terdapat 14 perusahaan swasta lain yang melakukan operasi pasar serupa, di antaranya PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

Operasi pasar tidak terbatas hanya pada momen Car Free Day saja, namun juga digelar di pasar seperti yang dilakukan hari ini.

“Kami akan sidak terus menerus tanpa jadwal di titik-titik operasi pasar. Teman-teman wartawan, siap ya,” kata Amran, tersenyum.

Seperti sudah lazim terjadi, setiap menjelang Ramadan dan Lebaran, terjadi kenaikan harga beberapa komoditi pangan. Harga daging ayam dalam beberapa hari terakhir terpantau menyentuh Rp40 ribu per kilogram (kg).

Kenaikan harga tersebut membuat bingung Mentan. Pasalnya, menurut dia, stok daging ayam banyak. Produksi daging ayam tercatat 252 ribu ton, sedangkan kebutuhan hanya sekitar 112 ribu ton.(**/sumber berita/foto/pertaniantoday.com/9/6/2016/lasman)

Editor  : Pulo Lasman Simanjuntak

 

Tinggalkan Balasan