Spread the love

mentandetikJakarta, BeritaRayaOnline,-Untuk menstabilkan harga bawang merah di bulan Puasa dan Lebaran, Kementerian Pertanian (Kementan) dan Perum Bulog mulai hari ini menggelar Operasi Pasar (OP) di sejumlah pasar induk.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, bawang dalam OP yang dilakukan sampai Lebaran tersebut dijual Rp 24.150/kg.

“Hari ini kita sudah sepakat harga di tingkat pedagang dilepas oleh Bulog nanti Rp 24.150/kg, di bawah Rp 25.000/kg seperti arahan Presiden,” ujar Amran ditemui di gudang Bulog Divre Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (16/5/2016).

riniMentan Andi Amran Sulaiman menuturkan, bawang merah murah tersebut akan digelontorkan di 4 pasar induk besar yang meliputi Pasar Induk Kramat Jati (Jakarta Timur), Pasar Induk Cibitung (Bekasi), Pasar Induk Tanah Tinggi (Banten), dan Pasar Induk Caringin (Bandung).

“Kita mulai hari ini, berlaku harga Rp 24.150/kg. Itu disebar ke 4 pasar induk yang besar-besar,” tutur Amran.

Sementara itu, Dirjen Hortikultura Kementan, Spudnik Sudjono mengungkapkan, OP bawang merah bukan ditujukan untuk pedagang besar di pasar induk, melainkan untuk dijual kepada pedagang-pedagang eceran yang kulakan di pasar induk.

bawanglima“Ini agar stok terjaga saja. Kebutuhan di Pasar Induk Kramat Jati kan 40 truk bawang merah sehari saat normal. Lewat ini kita kirim 20 truk per hari sampai Lebaran, jadi bisa kendalikan harga, begitu juga pasar induk lainnya,” ujar Spudnik.

Sampai Lebaran nanti, Bulog siap menyediakan bawang merah hingga 23.000 ton dari 12.600 ton bawang merah yang dibutuhkan. Suplai ke pasar induk dilakukan agar pedagang besar tak bisa memonopoli pasokan dan harga saat Puasa dan Lebaran.

bawangmerah“Tiap hari Pasar Induk Kramat Jati ada 20 truk, Pasar Induk Cibitung 10 truk, Pasar Induk Tanah Tinggi 15 truk, serta pasar lain di Jawa Barat dan Banten. Ini semacam jadi alternatif saja. Harga maunya bisa di bawah Rp 25.000/kg,” ungkap Spudnik.

Tekan Harga Bawang Merah

Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) melakukan Operasi Pasar (OP) untuk menekan harga bawang merah yang melonjak belakang ini.

bawangmerahatuMenteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengatakan harga bawang merah yang telah disepakati untuk OP sebesar Rp 24.150 perkilogram.

“Hari ini setelah kita rapat bersama pak Dirut Bulog, Sekjen Kementerian Perdagangan (Kemendag), bersama Menteri BUMN, hari ini kita sudah sepakat harga (bawang merah) dilepas oleh Bulog nanti Rp 24.150 perkilogram,” kata Mentan usai melepas pembukaan OP Bawang Merah di Gudang Bulog, Kelapa Gading, Jakarta, hari Senin (16/5/2016).

“Jadi di bawah Rp 25.000 per kilogram seperti arahan Bapak Presiden. Kita mulai hari ini harga berlaku Rp 24.150 per kilogram ke empat Pasar Induk yang besar,” tegasnya.

bawangmerahduaMentan mengaku, stok bawang merah hari ini di gudang Bulog Kelapa Gading mencapai 300 ton dibandingkan tahun lalu yang hanya 100 ton. Dia mengatakan pada dua minggu ke depan stok bawang merah akan mencapai 8.000 ton untuk memenuhi kebutuhan bulan Ramadan.

“Kemudian untuk stok yang ada hari ini kurang lebih 300 ton. Bila kita bandingkan tahun lalu untuk menstabilkan harga di bulan Ramadan itu hanya 100 ton. Jadi Insya Allah aman,” katanya.

“Kemudian ada lagi produksi dalam dua minggu ini, kurang lebih 8.000 ton. Insya Allah itu diadakan oleh Bulog,” dia menambahkan.

Masyarakat Diminta Tenang

bawangmerahempatMentan Andi Amran Sulaiman minta masyarakat untuk lebih tenang menyikapi kebutuhan pangan menjelang bulan Ramadan. Pasalnya, stok bawang merah, beras, dan cabai masih dalam kondisi aman.

“Jadi kami harap masyarakat tenang, bahwasanya bawang (merah) cukup, beras juga ada 2 juta ton stok – dua kali lipat dibanding tahun lalu pada bulan yang sama – juga bawang tidak ada masalah, juga harga cabai sudah turun Rp 13.000 perkilogram di tingkat petani, sekarang di pasar Rp 15.000-Rp 20.000 perkilogram,” katanya.

Didampingi Sekretaris Jenderal Kemendag, Srie Agustina dan Kepala Bulog, Djarot Kusumayakti, Mentan memastikan dalam satu atau dua hari mendatang harga bawang merah turun di pasaran.

bawangmerahlima“Jadi jangan termakan isu bahwasanya pangan naik. Kita buktikan hari ini di lapangan. Insya Allah satu dua hari Ibu Sekjen (Kemendag), satu dua hari ke depan,  Insya Allah pasti, kita pastikan (harga bawang merah) turun,” katanya.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Spudnik Sujono, mengatakan OP bawang merah tahap pertama ini akan didistribusikan ke sejumlah Pasar Induk di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Dia merincikan, 10 truk untuk Pasar Induk Cibitung, 10 truk untuk Pasar Induk Tanah Tinggi, 20 truk untuk Pasar Induk Kramat Jati, 15 truk untuk Pasar Induk di Banten dan 15 truk untuk Pasar Induk di Bandung.

bawangmerahtiga“Ini operasi tahap pertama, per hari 70 truk setara 420 ton perhari dan sebulan 12.600 ton targetnya,” katanya.

Bawang merah didatangkan langsung dari beberapa sentra bawang merah di antaranya dari Bima, Cirebon, Brebes, Kendal, Majalengka, Garut, Demak, Nganjuk, Malang dan Enrekang Sulawesi Selatan.

(**/sumber berita/foto/detikfinance.com/satuharapan.com/16/5/2016/lasman)

Fotografer by : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline

Editor    : Pulo Lasman Simanjuntak

 

 

Tinggalkan Balasan