Spread the love
Mentan Copot Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ini Alasannya

Mojokerto , BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, mencopot Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kementerian Pertanian (Kementan), Muladno.

Amran beralasan, pencopotan pejabat eselon I yang menangani masalah produksi di sektor peternakan menyangkut evaluasi menyeluruh di kementerian yang dipimpinnya.

“Evaluasi itu berlaku pada seluruh lapisan. Anda juga kan dievaluasi sama atasannya? Kalau mau maju suatu sistem, itu evaluasinya harus,” kata Amran ditemui di sela-sela kunjungan kerjanya di Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (15/7/2016).

Selanjutnya, Amran menunjuk Sekretaris Jenderal Kementan, Hari Priyono, sebagai Plt Direktur Jenderal PKH menggantikan Muladno.

Saat dikonfirmasi detikFinance, Muladno mengaku belum mengetahui alasan pencopotannya tersebut.

“Saya tidak mundur, tapi diberhentikan. Saya tidak tahu alasannya karena saya belum terima Keppresnya (Keputusan Presiden),” kata Muladno.

Muladno sendiri merupakan pejabat yang berasal dari hasil lelang jabatan di lingkungan Eselon I Kementan. Sebelumnya, pria asal Kediri ini merupakan dosen di Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pemberhentian Muladno terjadi di tengah polemik harga daging sapi. Pemerintah saat ini tengah mengupayakan harga daging sapi bisa turun di bawah Rp 80.000/kg, salah satunya dengan membuka keran impor daging sapi beku, jeroan, daging kerbau.

Selain itu, pemerintah berencana mengajukan revisi UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Di Dalam UU ini mengatur larangan impor sapi siap potong.(Berita/Foto/Detik.com/Bro-1)

Editor   : Pulo Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan