Spread the love

IMG-20160628-WA0000Jakarta,BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam pertemuan dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Jakarta, Selasa (28/6/2016) berjanji akan menerbitkan rekomendasi impor jagung dan gandum pakan sepanjang jagung petani terserap pada tingkat yang wajar.Pelaku usaha industri perunggasan nasional menunggu implementasinya.

Pada pertemuan tersebut hadir Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Anton J Supit dan Koordinator Forum Peternak Layer Musbar.

Para pelaku usaha bidang perunggasan menyampaikan sejumlah point terkait ketidakpastian  pasokan bahan baku pakan bagi industri pakan baik idustri besar maupun UKM.

Ketidakpastian tersebut dipicu kurangnya pasokan jagung impor ditengah produksi jagung dalam negeri yang produksinya belum ada kepastian meningkat signifikan.

Sampai saat ini Mentan masih menahan masuknya jagung impor sebanyak 50 ribu ton yang sementara dititipsimpankan di gudang industri pakan.Karena pasokan jagung terbatas, industri mengimpor gandum-pakan.Namun, masuknya gandun-pakan juga tidak berjalan baik.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan lagi akan mengeluarkan rekomendasi impor jagung yang saat ini ada di gudang industri pakan serta memberikan rekomendasi masuknya gandum-pakan impor secara bertahap.(Kompas/Bro-1)

Editor  : Pulo Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan