Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,- International Council for Small Business (ICSB) memberikan penghargaan kepada Menteri Koperasi dan UKM AAGN yang mendukung dan mewujudkan human enterpreneurship di Indonesia.

2016-06-13-16-38-49--1273929595Penghargaan akan diserahkan di markas PBB New York, Amerika Serikat bersamaan pada ICSB Conference yang diselenggarakan 14 – 17 Juni 2016.

Menkop direncanakan akan menerima langsung penghargaan dari President ICSB Ki-Chan Kim. ICSB merupakan organisasi yang beranggotakan 80 negara.

“Menteri dinilai sangat mendukung dan mampu mengajak masyarakat untuk menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan dengan pendekatan bisnis,” kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta, Senin (13/6).

Pendekatan human enterpreneurship merupakan konsep kewirausahaan yang bekerja untuk masyarakat dan kemanusiaan. Pendekatan ini bagian dari sociotechnopreneurship yang menekankan pada faktor manusia.

Wayan menjelaskan berbagai masalah sosial yang berhasil diatasi, antara lain sampah diolah menjadi produk kerajinan, kotoran sapi menjadi biogas, serta anggur yang biasanya dijual dengan harga rendah bisa diolah menjadi wine, seperti yang sudah dilakukan di Bali.

“Masyarakat menjadi wirausaha yang sekaligus mampu mengatasi persoalan sosial dan lingkungan disekitarnya dengan teknologi,” kata Wayan.

Sebelumnya, pada April 2016 Indonesia ikut menandatangani Declaration Human Enterpreneurship bersama negara-negara anggota ICSB di Seoul, Korea Selatan.

Selain menerima penghargaan, Menkop juga akan menandatangani Nota Kesepahaman dengan Korea Selatan.

“Nota Kesepahaman tersebut berisi dukungan dan penguatan kerjasama dengan pemerintah Korsel untuk mengembangkan UKM di Indonesia,” kata Wayan.

Selama ini kerjasama UKM dengan Korsel sudah cukup banyak, seperti pengembangan One Village One Product (OVOP). Namun, kedua negara menilai perlu lebih memperkuat kerjasama untuk pengembangan UKM di Indonesia khususnya dengan dukungan teknologi dan para ahli dari Korsel.

Dalam kunjungannya ke AS, Menkop akan didampingi Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran I Wayan Dipta, President ICSB Indonesia Hermawan Kertajaya serta Executive Vice President ICSB Indonesia Jacob Silas Mussry.(Bro-5)

Editor  : Jubir

 

Tinggalkan Balasan