Menkes Coba Senam Peregangan “Cicak” di Medical Center Asian Games 2018

Palembang, BeritaRayaOnline,-

Dalam penyelenggaraan pesta akbar olah raga, kelelahan merupakan salah satu keluhan yang sering dialami tidak hanya oleh atlet, namun juga offcial juga panitia acara.

Dalam sebuah kesempatan saat berkunjung ke salah satu layanan (massage) di Medical Center Asian Games di Jakabaring Sport Center Palembang, Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, dikenalkan salah satu gerakan untuk peregangan yang disebut “Senam Cicak”.

Senam cicak ini merupakan gerakan peregangan yang dapat dilakukan di tempat dengan luas terbatas, dengan memanfaatkan tembok sebagai medianya.

“Gerakan senam ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah kelelahan. Senam ini melemaskan otot, non syaraf ” ujar Mulyaningsih, salah satu tenaga kesehatan yang bertugas untuk saat itu.

Senam cicak memiliki empat gerakan utama, yaitu:

Gerakan pertama, adalah berdiri membelakangi tembok, tubuh merapat ke tembok, gerakan bahu ke belakang dirapatkan ke tembok, lakukan sebanyak delapan hitungan.

Gerakan kedua, berdiri menghadap tembok, kedua telapak tangan diletakkan ke tembok sejajar dada, siku tidak boleh ditekuk. Fokus pada panggul yang digerakkan merapat ke tembok dan menjauh dari tembok.

Untuk gerakan ketiga dan keempat, posisi tubuh masih sama dengan gerakan kedua, namun fokus gerakkan adalah tubuh area paha hingga kaki. Tariklah kaki ke arah belakang, bergantian baik kiri dan kanan. Selanjutnya, buka kaki ke arah samping, bergantian ke arah kanan dan kiri.

“Yang tidak boleh dilupakan adalah atur pernafasan”, pesan Mulyaningsih.

Demkian keterangan pers (press rilis) yang disampaikan  Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg. Widyawati, MKM, di Jakarta, Senin (27/8/2018). (**)

Editor :Lasman Simanjuntak

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan