Masih Terkendala Pembebasan Lahan Tanah, Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A akan Beroperasi Akhir 2021

Spread the love

Serpong,BeritaRayaOnline,-“Memang masih ada kendala pembebasan lahan tanah pada Seksi 1A pada proyek jalan tol Serpong-Balaraja ini,” ujar Dony Martadisata yang mewakili Christopher Siswanto Adisaputro, Direktur PT.Trans Bumi Serbaraja kepada wartawan yang melakukan kunjungan liputan ke Proyek Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi IA di Serpong, Kota Tangerang Selatan, Senin siang (23/11/2020).Dalam kunjungan ini ikut hadir Nurdin, Kabag Umum Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

Dikatakannya lagi, pada Seksi I seluas 104 hektar lahan tanah yang harus dibebaskan.

Seluas 77 hektar di kawasan BSD sudah terealisasi untuk Seksi IA dan I B, sedangkan 27 hektar lahan tanah milik masyarakat, 30 % baru terealisasi.

“Lokasinya ada di Kelurahan Cilenggang, penyelesaiannya dengan konsinyasi di pengadilan.Seluas 2,6 hektar sudah dibebaskan,dan sisanya konsinyasi.Konsinyasi tahap pertama sudah terealisasi.2 Ha sampai 3 Ha sudah tereksekusi, target kuartal empat sudah bisa terealisasi,” jelasnya.

Biaya untuk pembebasan lahan tanah ini sebesar Rp 2,5 triliun, dan sudah terealisasi sebesar Rp 1,87 triliun (82 %).

Dijelaskan lagi, Sinar Mas Land melalui PT.Trans Bumi Serbaraja saat ini sedang mengerjakan pembangunan Seksi 1 A pada jalan tol Serpong-Balaraja (Serbaraja).

Progress pembangunan tol Serbaraja Seksi 1A saat ini terlihat di kawasan BSD Green Office Park dan Digital Hub.

Tol Serbaraja, merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di wilayah Provinsi Banten.

“Kami berharap konstruksi dapat berjalan lancar, sehingga jalan tol Serbaraja Seksi 1A yang menghubungkan kawasan The Green dengan AEON Mall BSD City bisa beroperasi di Q4  tahun 2021,” ujar Dony Martadisata yang mewakili Direktur PT.Trans Bumi Serbaraja, Christopher Siswanto Adisaputro.

Tol Serbaraja akan terkoneksi dengan jalan tol Ulujami-Serpong, serta menghubungkan Kota Tangerang Selatan dengan Kabupaten Tangerang.

Pembangunan jalan tol Serpong-Balaraja sepanjang 39,9 kilometer ini dibagi dalam tiga tahap yakni Seksi 1 Serpong-Legok (9,8 kilometer), seksi II Legok-Pasir Barat (11,5 kilometer), dan Seksi III Pasir Barat-Balaraja (18,6 kilometer).

“Seluruh pendanaan pembangunan dan konstruksinya berasal dari Sinar Mas Land melalui Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT PT.Trans Bumi Serbaraja,” katanya seraya menyebut angka Rp 14,4 triliun untuk nilai investasi proyek tol ini.

Gerbang tol Serbaraja Seksi IA akan berlokasi tepat di sisi Aeon Mall.Gerbang tol ini akan terkoneksi dengan Stasiun Cisauk yang berada di kawasan Intermoda BSD City.

“Area ini merupakan transit-oriented development (TOD) yang menghubungkan beberapa layanan transportasi publik termasuk shuttle bus BSD Link dan Commuter Line melalui Stasiun Cisauk,” ujarnya.

Kehadiran tol tersebut akan memudahkan mobilisasi warga BSD City dan sekitarnya serta membantu pertumbuhan sejumlah daerah urban di Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten,dan Kabupaten Bogor, Provinsi Banten.(Bro-4)

Editor : Lasman Simanjuntak

 

Tinggalkan Balasan