Lingkungan Kuburan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Melalui 3 M

Spread the love

Ancol, BeritaRayaOnline,-Protokol kesehatan melalui 3 M untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 juga dilakukan di lingkungan kuburan atau pemakaman Belanda (Ereveld) Ancol, Jakarta Utara.

Setiap pengunjung yang mendatangi kuburan Belanda (Ereveld) ini begitu melewati pintu gerbang masuk, langsung dihimbau oleh petugas untuk wajib memakai masker.

Setelah itu wajib cuci tangan dengan air mengalir dan sabun cair yang telah disediakan pihak pemakaman yang lokasinya persis hendak masuk ke lingkungan pemakaman Belanda ini.

“Betul, Pak, di sini harus ada protokol kesehatan.Salah satunya kalau mau ziarah harus pakai masker, cuci tangan, serta menjaga jarak, tanpa ada kerumunan ” ujar seorang petugas kebersihan ( cleaning servise) kuburan Belanda kepada wartawan BeritaRayaOnline yang berkunjung meliput pada Sabtu lalu (21/11/2020).

Tampak semua pengunjung maupun hendak berziarah telah menggunakan masker, serta tak lupa cuci tangan.

Terlihat juga pengunjung dan peziarah-yang ditemani seorang protokol dari kantor pemakaman ini- yang juga saling menjaga jarak untuk menghindari kerumunan.

Bahkan kebersihan¬† di lingkungan kuburan “tua” ini -yang bersebelahan dengan pintu gerbang timur Pantai Ancol yang baru saja direklamasi ini- sangat dijaga dan terlihat lamgsung begitu kita melewati pintu gerbang masuk.

Kuburan Belanda (Ereveld), Ancol, Jakarta Utara ini terletak di tepi Laut Jawa.

Dulunya kawasan ini merupakan kawasan berawa tropis tanpa penduduk.

Kawasan kuburan yang diresmikan tanggal 14 September 1946, dulunya oleh tentara Jepang tempat eksekusi ratusan pria dan wanita baik orang Belanda maupun orang Indonesia.(*/Bro-1)

Editor : Jhonnie Castro

Tinggalkan Balasan