Kepala BPPSDMP Kementan Launching Buku “Paradigma Penyuluhan di Era Teknologi Informasi”

Bogor, BeritaRayaOnline,-Usai menutup diskusi  Fokus Group Discussion (FGD)  Sistem Penyuluhan Pertanian di Era Industri 4.0 bertemakan ” Penyuluhan Pertanian Menghadapi Era Industri 4.0 Mendukung Program Pembangunan Pertanian” yang diselenggarakan oleh Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian di Swiss-Belhotel Internasional di Jalan Salak, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa sore (10/9/2019).

Kepala BPPSDMP Kementan Prof.Dr.Ir.Dedi Nursyamsi dan Kepala Pusat Penyuluhan BPPSDMP Kementan Dr.Ir.Leli Nuryati, Msc me-launching (meluncurkan) buku “Paradigma Penyuluhan di Era Teknologi Informasi”.

Dalam kata sambutannya peluncuran buku tersebut, Prof.Dr.Ir.Dedi Nursyamsi mengatakan  bahwa buku ” Paradigma Penyuluhan di era Teknologi Informasi” akan disebarkan.” Namun mungkin perlu direvisi,terutama peran penyuluhan pertanian di era industri 4.0,” pesannya.

Karena industri 4.0, lanjutnya,  meskipun yang utamanya adalah ICT (Information Comunication Tecnologi), tetapi juga aspek-aspek lain. Termasuk di situ pemasaran, termasuk di situ  sortir, sampai pemasaran, era 4.0 harus melewati ini.

“Oleh karena itu para penyuluh juga harus menguasai itu, sehingga akan menghasilkan para petani, para praktisi, serta para eksekutor yang betul-betul bisa memanfaatkan industri 4.0,  itu proses produksinya  dan itu  bisnisnya,”pungkasnya.(Bro-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan