Laporan Eksklusif : BeritaRayaOnline Berkesempatan ‘Menjajal’Jalan Tol Pandaan-Malang

Malang, BeritaRayaOnline,- Wartawan BeritaRayaOnline, Lasman Simanjuntak, berkesempatan ‘menjajal’  Jalan Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur, mulai Kamis sore (11/4/2019) sampai Jumat siang (12/4/2019).

Dalam perjalanan ‘menyusuri ‘ Jalan Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur-yang nantinya akan langsung dikelola oleh PT.Jasa Marga (Persero) Tbk- pada Kamis sore (11/4/2019) berakhir di Gerbang Tol (GT) Singosari.

Terlihat di jalan tol dengan teknologi konstruksi rigid pavement (semen beton) ini, para pekerja- antara lain dari kontraktor PT.PP-masih mengerjakan pekerjaan ‘finishing’ seperti membersihkan kiri-kanan jalan tol, merapikan rambu-rambu jalan dengan pengecetan ulang, dan masih banyak lagi.Namun, semua pekerjaan hampir 100 persen rampung.

Berdasarkan keterangan yang dikumpulkan wartawan BeritaRayaOnline, dengan kehadiran Jalan Tol Pandaan-Malang ini maka jarak tempuh dari Surabaya menuju Malang-yang biasanya ditempuh hampir empat jam karena kemacetan lalin- kali ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 30menit dengan kecepatan kendaraan 100 km/jam.

Bahkan kehadiran Jalan Tol Pandaan-Malang akan lebih lagi memperlancar arus lalu lintas menuju ke kawasan wisata Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

“Sebagai warga Kota Surabaya saya mengucapkan banyak terima kasih  kepada pemerintah atas kehadiran Jalan Tol Pandaan-Malang ini.Dulu, sewaktu belum ada Jalan Tol Pandaan-Malang, kalau bawa tamu dari Surabaya menuju Malang lewat jalan biasa atau jalan arteri bisa sampai empat jam.Macetnya luar biasa.Sekarang lewat Jalan Tol Pandaan-Malang bisa ditempuh hanya satu jam saja,” ujar Seno (20 tahun) ‘driver’ yang dua hari ini membawa BeritaRayaOnline ‘menyusuri’ tol Pandaan-Malang yang diapit dua gunung yakni Gunung Arjuno dan Gunung Kawi.

Dikatakannya lagi, dengan adanya Jalan Tol Pandaan-Malang-kiri dan kanan jalan tol dipenuhi areal persawahan dan perkebunan tebu ini- perjalanan menjadi lancar, enak, dan cepat.

” Pokoknya Jalan Tol Pandaan-Malang ini enak dan cepat, terutama bila kita menempuh perjalanan dari Surabaya menuju Malang,” katanya lagi.

Menteri PUPR :  Jalan Tol Pandaan Malang Siap Dioperasikan

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ketika meninjau kesiapan Jalan Tol Pandaan-Malang seksi I-III sepanjang 30 Km yang telah rampung dan dapat dioperasikan dalam waktu dekat.

“Saya lihat tadi dari Pandaan ke Singosari, terlihat sudah siap untuk diresmikan. Total dari 38 km Jalan Tol Pandaan-Malang, yang sudah siap diresmikan sepanjang 30 km.
Ada beberapa pekerjaan pembersihan penyelesaian, mudah-mudahan satu hari ini selesai besok ada tim penilai sertifikasi laik fungsi, sebelumnya minggu lalu sudah tahap penilaian pra laik fungsi,” ujar Menteri Basuki di Pandaan, Rabu   (10/4/2019).

Menteri Basuki menyatakan, jika besok  (Kamis 11/4/2019l uji laik fungsi sudah selesai dan dinyatakan siap operasi.

Dijelaskan lagi oleh Menteri Basuki, untuk Seksi IV dan V sepanjang 8 Km, penyelesaiannya masih dikoordinasikan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur karena ditemukannya situs purbakala.

“Untuk ruas dari Singosari ke Malang yang ditemukan situs purbakala, saat ini sedang dilakukan pergeseran as/trase jalannya,” tutur Menteri Basuki.

Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari 5 seksi yang terbagi menjadi Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 km, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 km.

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasamarga Pandaan-Malang dengan investasi sebesar Rp 5,9 triliun.  Adapun nilai konstruksi sebesar Rp 3,7 triliun dikerjakan oleh PT.Pembangunan Perumahan (PP).

Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang yang banyak memiliki tempat wisata.

Kehadiran ruas Tol akan bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya. Selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang pada jam padat, bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam.

Jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Surabaya-Malang ini juga memiliki pemandangan alam yang indah di kanan kiri jalan, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Semeru di sisi timur, Gunung Arjuna sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, dan ditambah Gunung Penanggungan.(*/Bro-1)

Editor : Jhonnie Castro

 

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan