Spread the love

Nusa Dua, BeritaRayaOnline,-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Senior Bidang Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura Amy Khor di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (21/5). Pertemuan ini merupakan salah satu agenda Menteri Basuki dalam World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan di Bali pada 18-25 Mei 2024.

Pertemuan ini membahas pengaman pantai dan manajemen banjir yang dilakukan oleh Singapura dan Indonesia. Menteri Basuki mengatakan semua garis pantai di Indonesia merupakan prioritas yang harus diamankan.

“Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia, untuk itu semuanya adalah prioritas utamanya di Pantai Utara Jawa yang membentang dari Jakarta sampai Surabaya. Setiap tahun mengalami penurunan 10-12 cm,” kata Menteri Basuki.

Untuk meningkatkan infrastruktur pengamanan pantai perlu dilakukan _sharing knowledge_ antara Indonesia dan Singapura. “Kita perlu mendiskusikan lebih lanjut upaya untuk meningkatkan infrastruktur. Indonesia akan menunjukkan apa yang telah dimiliki, begitu juga dengan Singapura. Saya harap kita bisa membangun kolaborasi,” imbuh Menteri Basuki.

Menteri Amy mengatakan Singapura saat ini dalam tahap mempelajari pengaman pantai. Sementara untuk manajemen banjir Singapura telah membangun 15 kolam bawah tanah ukuran olimpiade yang digunakan untuk menampung air hujan.

“Kami membagi garis pantai menjadi beberapa bagian dan melihat karakteristiknya masing-masing. Kami yakin Indonesia lebih ahli dalam hal ini dan kita bisa belajar dari satu sama lain. Kami tertarik untuk berkolaborasi dalam pengaman pantai dan manajemen banjir,” ujarnya.

Ditambahkan Menteri Amy, ia terinspirasi untuk menyelenggarakan Singapore Water Week seperti gelaran World Water Forum ke-10 di Bali ini. “Forum ini sangat terorganisasi dengan baik dan semuanya cantik. Terima kasih atas keramahannya,” tutupnya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lomboga, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Rachman Arief Dienaputra dan Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan