Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Memasuki hari-hari terakhir Bulan Ramadan 1444 H, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan Kultum Zuhur Ramadan kepada seluruh jamaah salat Zuhur di Masjid As Salam Kementerian PUPR, Selasa (18/4).

Dalam kultumnya, Menteri Basuki mengatakan setelah hampir satu bulan menjalankan perintah puasa Ramadan yang juga menjadi kewajiban bagi umat Muslim, telah mendidik diri sendiri untuk menjadi manusia yang memiliki karakter muttaqin.

“Dari ibadah puasa kita pada bulan Ramadan ini, kita harus bisa mengambil pelajaran. Yang paling mudah adalah istikamah, dan ini harus kita hayati dan maknai untuk kita jadikan landasan dalam melaksanakan tugas dan amanah sebagai keluarga besar Kementerian PUPR,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki menambahkan, Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa iman akan senantiasa pasang surut. Oleh karena itu, umat muslim perlu merawat dan meningkatkan iman setiap hari dengan istiqoamah.

“Istikamah adalah usaha untuk mempertahankan rutinitas dalam hal apapun. Apapun jika dilakukan secara rutin maka hasilnya akan baik. Istikamah juga berarti lurus, benar dan tetap pendirian atas suatu keyakinan, yakni kebenaran ajaran Allah SWT dan melaksanakan segala ketentuan-Nya,” ujar Menteri Basuki.

Menteri Basuki menekankan beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menjaga keistikamahan sebagai hasil dari menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

“Pertama, memahami dan mengamalkan kalimat syahadat dengan baik dan benar. Kedua, mengkaji Al Qur’an dengan menghayati dan mengamalkannya secara istikamah. Dan ketiga, konsistensi dalam menjalankan syariat Allah. Lebih baik amalan kecil tapi berkelanjutan daripada besar tapi sesekali,” pesan Menteri Basuki.

Dalam kesempatan terakhir sebelum cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2023 pada Rabu (19/04) besok, Menteri Basuki juga memohon maaf kepada seluruh insan PUPR jika ada kekhilafan selama menjalankan tugas serta mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H bagi umat muslim Kementerian PUPR.

“Mengingat besok sudah memasuki hari libur, saya atas nama pribadi dan keluarga besar Kementerian PUPR mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, semoga amalan-amalan Ramadan kita diterima oleh Allah SWT dan saya mohon maaf lahir batin apabila ada hal yang tidak berkenan selama saya memimpin dan mengkoordinir melanjutkan pembangunan infrastruktur ini,” kata Menteri Basuki.

Tak lupa, Menteri Basuki juga berpesan bagi insan PUPR yang melaksanakan perjalanan mudik lebaran untuk selalu berhati-hati dan mendukung kelancaran mudik lebaran. “Bagi yang melakukan perjalanan mudik, hati-hati di perjalanan, jaga ketertiban lalu lintas, dan sebagai insan PUPR, jangan lupa untuk turut serta mendukung kelancaran, keselamatan hingga tiba di tujuan dengan aman, nyaman, dan bahagia bersama keluarga,” tutup Menteri Basuki. (*)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan