Spread the love

kpkJakarta, BeritaRayaOnline,-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang anggota DPR RI.

“Betul, nanti tunggu konpers (konferensi pers),” ujar Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi, di Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Namun, Agus tidak menjelaskan identitas maupun dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh anggota DPR RI tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, anggota DPR RI itu adalah bagian dari Komisi III. Ia diamankan bersama tiga orang lain di tiga lokasi berbeda kemarin.

KPK punya waktu 1×24 jam untuk menentukan status orang yang diamankan dalam OTT kali ini.

Terima Suap

Seorang anggota Komisi III DPR dikabarkan ditangkap KPK. Diduga anggota Komisi III berinisial IP itu diciduk karena menerima suap.

Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman yang dikonfirmasi cukup kaget mendengar kabar itu. Dia mengaku tidak tahu siapa yang ditangkap dan terkait kasus apa.

“Saya coba kontak KPK,” jelas Benny, Rabu (29/6/2016). Benny kemudian menutup telepon.

Informasi yang diperoleh, anggota Komisi III DPR itu juga merangkap sebagai anggota Banggar. Diduga suap terkait anggaran.

Ketua KPK Agus Rahardjo yang dikonfirmasi belum bisa merinci secara detil siapa dan kasus apa yang ditangkap. Dia hanya menjelaskan segera mungkin KPK akan memberi keterangan.

“Betul, nanti ada jumpa pers,” tegas dia.

KPK menangkap seorang anggota DPR. Saat ditangkap pada Selasa (28/6/2016) malam anggota DPR itu sedang melakukan transaksi suap.

Siapa sebenarnya anggota DPR yang ditangkap KPK semalam?

Berdasarkan informasi yang didapat, Rabu (29/6/2016), anggota DPR yang ditangkap berasal dari komisi yang membidangi masalah hukum. Selain anggota DPR itu, ada juga 3 orang lain yang ditangkap. Salah satunya pihak swasta yang berperan sebagai penyuap.

Pimpinan KPK tidak membantah saat detikcom mengonfirmasi satu nama dari komisi hukum yang tertangkap. Namun, Wakil Ketua Ketua KPK Laode M Syarif belum mau menjelaskan detailnya.

“Tunggu saja nanti sore untuk detailnya,” kata Syarif saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo sejak awal sudah membenarkan bahwa yang tertangkap adalah seorang anggota DPR. “Iya, betul (menangkap tangan anggota DPR),” ujar Agus.

Dari Partai Demokrat

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap empat orang anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat tadi malam.

“Ada empat orang yang ditangkap,” kata sumber internal di KPK, Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Berdasarkan sumber tersebut, empat orang itu tiba di KPK tadi malam pukul 00.00 WIB dan langsung menjalani pemeriksaan intensif. (**/dari berbagai sumber/bro-1)

Editor  : Jhonnie Castro Simanjuntak

 

Tinggalkan Balasan