Spread the love

20160613_164735Jakarta,BeritaRayaOnline-, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR bersama EAROPH (Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlement) menyelenggarakan Profesional Forum dengan tema Mendorong Kota Produktif dan Berdaya Saing Melalui Tata Kelola yang Baik.Acara yang diadakan pada Senin 13 Juni 2016 ini bertujuan untuk memberikan masukkan bagi New Urban Agenda yang akan dilaksanakan pada PrepCom3 mendatang.

20160613_164748Acara tersebut berkaitan dengan penyelenggaraan PrepCom3 pada 25-27 Juli 2016 di Surabaya sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menuju UN Conference On Housing And Sustainable Urban Development (Habitat III) pada 17-20 Oktober 2016 di Quito Ekuador, peningkatan peran kota-kota yang semakin produktif dan berdaya saing menjadi isu penting yang dicapai dengan pengembangan  sistem jejaring kota (network cities) dalam wilayah-wilayah pertumbuhan.

20160613_174900Selain itu PrepCom3 merupakan momentum yang tepat bagi pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk berdiskusi dan mendorong lahirnya solusi penanganan masalah perkotaan.

Dalam era perkotaan dewasa ini kota-kota di Indonesia dituntut untuk memiliki  daya saing yang tinggi melalui peningkatan efisiensi, produktivitas, dan nilai tambah yang secara bersamaan memenuhi tuntutan pembangunan berkelanjutan.

Salah satunya melalui pembangunan  infrastruktur yang terpadu dengan pengembangan wilayah, dimana kota-kota tersebut tidak hanya menjalankan fungsi  internal, tetapi sekaligus memantapkan fungsi eksternalnya.

Adapun nara sumber yang hadir pada acara tersebut yaitu Kepala BPIW Hermanto Dardak, sekaligus sebagai Presiden EAROPH, Norliza Hashim sebagai Sekretaris Jenderal EAROPH, dan Bernadus Djonoputro sebagai Ketua Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia.

Selain itu juga diundang beberapa staf ahli Menteri PUPR, beberapa unit organisasi Kementerian PUPR, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Perencanaan/Bappenas, Kemenko Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, pengurus Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia serta beberapa Bappeda pemerintah ota/kabupaten.(Bro-1)

Editor  : Pulo Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan