Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-  Dalam menyambut bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar apel peringatan bulan K3 Nasional Tahun 2024 secara hybrid di Ruang Kompeten-Kolaboratif Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, pada Selasa (16/1/2024) dengan tema ‘Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’.

Hadir dalam apel peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024, yaitu Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B., Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Jasa Marga Pramitha Wulanjani, Risk & Quality, Health, Safety and Environment Group Head Jasa Marga Devi Lusyana, Human Capital Services Group Head Jasa Marga Windharti Amalia serta seluruh jajaran BOD-1 Kantor Pusat Jasa Marga, Direksi Anak Perusahaan Jalan Tol dan Anak Perusahaan Service Provider  serta para Roadster Jasa Marga.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B. menyampaikan Amanat Bulan K3 Nasional, sesuai Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI (Kepmenaker) Nomor 244 Tahun 2023, agar seluruh Unit Kerja di Jasa Marga Group terus meningkatkan awareness terhadap pentingnya penerapan K3 baik dalam lingkungan kantor pusat, Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area, gerbang tol, kantor pengelola dan konstruksi sesuai dengan kriteria serta ketentuan yang berlaku.

“Seluruh Unit Kerja di Jasa Marga Group harus melaksanakan Sistem Manajemen K3 (SMK3), untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, sehingga Perusahaan dapat mencapai keberlanjutan antara lain dengan tercapainya peningkatan produktivitas karyawan, reputasi Perusahaan yang baik hingga reduksi biaya akibat penyakit dan kecelakaan kerja,” ucap Bagus.

Lebih lanjut Bagus juga menerangkan bahwa Jasa Marga sebelumnya telah mendapatkan apresiasi dari Menteri Ketenagakerjaan RI sebagai salah satu Perusahaan yang berhasil mengatasi pandemi dengan melaksanakan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di tempat kerja dengan kategori Gold Tahun 2022 dan kategori Platinum Tahun 2023. Selain itu, Jasa Marga juga berhasil meraih apresiasi dari Menteri Ketenagakerjaan RI untuk Penghargaan Kecelakaan Nihil atau Zero Accident Award Tahun 2023.

“Dengan adanya penghargaan ini, kita harus terus mempertahankan kinerja dan semangat dalam menerapkan standar K3. Dengan tetap fokus pada K3, Jasa Marga dapat memastikan bahwa keberhasilan Perusahaan dalam mencapai zero accident  bukanlah pencapaian sementara, tetapi menjadi bagian mendasar dari budaya Perusahaan yang berkelanjutan,” terang Bagus.

Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 dilaksanakan pada 12 Januari 2024 sampai dengan 12 Februari 2024 dan berlangsung secara serentak di seluruh Tanah Air sesuai dengan Kepmenaker Nomor 244 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3, menjamin terlaksananya perlindungan K3 pada setiap kegiatan di semua sektor usaha, hingga mewujudkan sumber daya manusia K3 yang unggul dan berdaya saing.

Sejalan dengan program Bulan K3 Nasional yang dicanangkan Pemerintah untuk dilakukan setiap Perusahaan, Jasa Marga juga merancang rangkaian kegiatan selama periode Bulan K3 Nasional yang terbagi ke dalam program yang bersifat strategis, promotif dan implementatif. Sebagai Perusahaan BUMN, Jasa Marga terus menargetkan seluruh Unit Kerja Kantor Pusat, Regional Division dan Entitas Anak Perusahaan Jasa Marga Group agar terus meningkatkan kepedulian dalam menerapkan kegiatan usaha yang memperhatikan nilai-nilai K3 di setiap proses bisnisnya untuk menjaga keberlangsungan usaha dan mencapai produktivitas Perusahaan.(**/BRO-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan