Spread the love

Yogyakarta, BeritaRayaOnline,-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada ajang Anugerah Merdeka Belajar 2023 Kategori Mitra Kementerian. Penghargaan diberikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek Suharti dan diterima oleh Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah pada acara puncak Bulan Merdeka Belajar dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 di Kawasan Candi Prambanan, D.I Yogyakarta, Senin (29/5/2023).

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen Kementerian PUPR dalam mendukung infrastruktur pendidikan sebagai sarana pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Sejak 2019, Kementerian PUPR melalui Direktorat Prasarana Strategis, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya mendapat amanah untuk melakukan rehabilitasi dan renovasi sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi guna mendukung kegiatan belajar dan mengajar.

Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras Kementerian PUPR, khususnya dalam membangun infrastruktur pendidikan.

“Tentu hasil capaian ini menjadi tambahan kebanggan di tengah-tengah kita dalam menjalankan tugas yang terus menerus. Ini juga merupakan hasil kerja keras kita yang juga dibarengi dengan upaya dan semangat. Selamat atas penghargaannya, semangat terus dalam bekerja,” kata Sekjen Zainal Fatah.

Pada Tahun Anggaran 2022, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pekerjaan pembangunan dan rehabilitasi sekolah sebanyak 458 sekolah (SD, SMP dan SMU) dan 83 madrasah (Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah). Pembangunan infrastruktur pendidikan di tingkat SD, SMP, dan SMU dilanjutkan pada TA 2023 dengan menargetkan sebanyak 1.174 sekolah, sehingga total selama 2019-2024 sebanyak 4.636 sekolah.

Selain rehabilitasi dan renovasi sekolah di tingkat SD, SMP, dan SMU, Kementerian PUPR juga memberikan dukungan sarana pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi Negeri, termasuk pembangunan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP). Pada TA 2022 telah diselesaikan pembangunan sarana pendidikan untuk universitas dan politeknik sebanyak 25 unit, dan dilanjutkan TA 2023 sebanyak 9 unit.

Hadir dalam acara Anugerah Merdeka Belajar 2023, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. Turut mendampingi Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Essy Asiah, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Rien Marlia, dan Kepala BPPW D.I Yogyakarta Jonny Zainuri Echsan. (*)

Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

#PUPRSigapMembangunNegeri

Editor : Lasman Sumanjuntak

Tinggalkan Balasan