Spread the love

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Capaian kinerja sektor Pertanian dalam kurun dua tahun dibawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menunjukkan performa yang mengagumkan. Berbagai capaian, prestasi, apresiasi dan penghargaan terus diraih SYL.

Sejumlah pemimpin daerah pun memberikan apresiasi, diantaranya adalah Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Ia mengungkapkan bahwa peran SYL dalam memimpin pembangunan pertanian sangat memuaskan, dimana ujarnya, secara khusus ia mendorong Kabupaten Sragen mampu memacu produksi padi dengan berbagai bantuan seperti bibit dan alsintan.

“Berkat Bapak Mentan SYL, Sragen mampu mengekspor beras ke Arab Saudi. Alhamdulillah bantuan dan dukungan Pak Menteri sangat besar dalam memacu produksi pertanian kami,” katanya.

Yuni mengatakan berbagai kebijakan dan program pertanian dibawah komando Mentan Syahrul akan terus didukung dengan implementasi nyata di lapangan. Ia berharap, sektor pertanian mampu menjadi penopang utama geliat kebangkitan ekonomi Indonesia.

Sebagai informasi, per September 2021 nilai ekspor pertanian menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengalami kenaikan sebesar 15,04 persen (MtM). Kenaikan tersebut merupakan sinyal baik paska gerakan Merdeka Ekspor yang dilakukan Agustus lalu melalui 17 pintu bandara dan pelabuhan dengan nilai Rp 7,2 triliun.

Merdeka Ekspor menurut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah menandai semangat dan optimisme yang kuat terhadap kebangkitan ekonomi nasional yang secara perlahan, selalu ada kepastian.

Ganjar yang digadang banyak elemen akan maju menjadi calon presiden mendatang mengaku optimis dengan kekuatan sektor pertanian Indonesia yang semakin tumbuh dan tangguh. Lebih dari itu, sektor pertanian bisa membawa Indonesia semakin juara, terutama dalam memulihkan ekonomi akibat pandemi.

Pujian Ganjar terhadap SYL oleh publik kemudian dimaknai sebagai lampu hijau untuk bergandengan pada kontestasi Pilpres 2024-2029 terlebih ketika Ganjar mengenakan songkok Bugis-Makassar saat merayakan ulang tahunnya di Puri Gede, Rumah Dinasnya di Semarang, Rabu (28/10/2021).

Menurut penggiat Kebudayaan di Tamalanrea, Syamsir Anchi, hal itu bisa ditafsirkan sebagai sinyal bahwa pada Pilpres 2024, mendatang, Ganjar akan berpasangan dengan tokoh dari tanah Bugis-Makassar.

“Ganjar memahami kalau keberuntungannya di Pilpres 2024 nanti, ia harus bersama tokoh dari tanah Bugis-Makassar, dengan itu ia mudah memenangkan Pilpres 2024,” kata Syamsir Anchi, Sabtu (30/10/2021).

Untuk saat ini, tokoh Bugis-Makassar yang paling berpeluang dilirik di Pilpres nanti menurutnya adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) atau mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman (AAS).

“Sinyal ini serius. Ganjar ini mengerti geopolitik di Nusantara, apalagi dia harus jeli karena survei elektabilitasnya sudah di puncak mengungguli Prabowo,” ucapnya.

Anchi kemudian mengingatkan bahwa SBY dan Jokowi memenangkan Pilpres pada periode pertamanya karena dia bersama tokoh Bugis, Jusuf Kalla.(**)

Editor   : Lasman Simanjuntak

Tinggalkan Balasan