Khotbah : ” Manusia Baru Dalam Kristus Yesus di Tengah Pandemi”

Spread the love

Khotbah : ” Manusia Baru Dalam Kristus Yesus di Tengah Pandemi”

Oleh : Pulo Lasman Simanjuntak

Ayat Bersahutan : Kolose 3: 5-10

Ayat Inti : 2 Korintus 5 :7

Lagu buka :Ls.edisi lengkap No.77 “Ya, Tuhanku Sungguh Kuterpesona”

Lagu Tutup : Ls.edisi lengkap No.435 “Jalan Serta Yesus S’lalu Sejahtera”

 

Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus.

Pada hari Sabat ini saya mau membaca-dengan terlebih dahulu berdoa minta akal budi, hikmat, dan roh rendah hati- Firman Tuhan dalam ayat inti khotbah ini.

“Jadi, siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang ” (2 Korintus 5 : 17)

Artinya, siapa saja-hari ini -telah mengaku dan bersaksi sebagai pengikut Kristus, ia adalah ciptaan baru.

Walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19- yang tak berkesudahan ini-biarlah kita tetap konsisten menjadi pengikut Kristus Yesus.

Hidup di dalam Kristus Yesus tentu mempunyai suatu “perubahan hidup”dengan menanggalkan kebiasaan manusia lama menuju ke manusia baru.Ujungnya ; pertobatan sejati!

Berbalik dari perbuatan dosa-dosa-barangkali kita lakukan sepanjang tahun 2020 – dengan senantiasa memulai hidup baru dipimpin oleh Roh Kudus.

Sebagai ‘ciptaan baru’ dan ‘manusia baru’ dalam Kristus Yesus -lagi-lagi masih dalam kondisi pandemi- ada pesan rohani yang perlu kita dengar sampai pertengahan tahun ini dengan sungguh-sungguh mendengar “Suara Tuhan” kita Yesus Kristus.

Apa saja perlu kita dengar dari “Suara Tuhan ini, terutama saat kita tetap menjadi manusia baru dalam Kristus di tengah pandemi di Indonesia yang mulai dipublish awal Maret 2020 ini.

1) Matikan percabulan, kenajisan,hawa napsu, napsu jahat, keserakahan, penyembahan berhala ( Kolose 3 :5)

2) Buanglah amarah, geram, kejahatan, fitnah, kata-kata kotor yang keluar dari.mulut kita (Kolose 3 :8)

3) Tanggalkan kebiasan manusia lama (baik dalam sikap, tingkah laku, perbuatan, dan tutur kata) yang menyakiti hati Tuhan dan hati sesama manusia

Dan, kenakan manusia baru dalam Kristus Yesus dengan hidup penurutan bersama Allah, sehinggga iman kita terus diperbaharui, bertumbuh sambil menanti kedatangan Tuhan. (Kolose 3 ; 9-10).

Dengan demikian, sepanjang tahun 2020 ini, serta sepanjang pandemi Covid-19, kita akan tetap menjadi orang-orang pilihan Allah yang berbelas kasihan, kemurahan, rendah hati, lemah lembut, sabar, serta saling mengampuni (Kolose 3: 12-13).

Sebagai orang-orang pilihan Allah, bila sepanjang hampir 5 bulan kita tak bisa ibadah di gereja, harus tetap ada sukacita, kebahagiaan, dan senantiasa bersyukur kepada Tuhan.

Bila saudara masih menghadapi kegetiran hidup, serta berbagai pergumulan termasuk sakit dan penyakit, maka tak putus-putusnya kita terus berdoa, berdoa, dan berdoa dengan ucapan syukur kepada Tuhan karena janji-janji Tuhan itu pasti serta digenapi (Yesaya 38:7, Ayub 42 :2, Yeh 12 : 25,28, Mazmur 12:7, dan Yeremia 29 :11).

Biarlah Firman Tuhan ini akan menjadi berkat dan kemuliaan bagi nama Tuhan kita Yesus Kristus.Amin.Tuhan memberkati..

Pamulang, Sabtu pagi 22 Agustus 2020

Tinggalkan Balasan